Survei tentang media online di Indonesia yang dilakukan oleh DailySocial.id menunjukkan bahwa hampir 70 persen pembaca berita online meneruskan dan membagikan berita tersebut di berbagai media sosial miliknya. Hanya 30,83 persen yang mengaku tidak membagikan berita tersebut di media sosial. Facebook masih menjadi media sosial yang paling populer untuk membagikan berita. Hampir 45 persen pengguna aplikasi besutan Mark Zuckerberg ini meneruskan berita online yang dibaca. Selanjutnya, 28 persen juga membagikan berita yang dibaca melalui aplikasi Whatsapp ke dalam group yang mereka ikuti.
Banyaknya pembaca yang langsung menyebarkan berita dan informasi pada media sosialnya, ternyata menimbulkan dampak negatif. Salah satunya adalah penyebaran berita palsu yang semakin cepat diterima masyarakat. Mengatasi hal ini, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) telah melakukan koordinasi dengan kepolisian sebagai aparat keamanan dan juga perusahaan penyedia layanan media sosial seperti Facebook. Hal ini diharapkan dapat mengurangi penyebaran berita palsu yang merugikan banyak pihak.