Politik di Mata Anak Muda
Pada gelaran Pemilu 2024, 57% dari total pemilih adalah pemilih muda yaitu Gen Z dan Milenial. Dengan jumlah setengah lebih dari total pemilih, preferensi politik anak muda dinilai akan mempengaruhi jalannya dinamika politik menuju pemilu. Hal ini setidaknya berkaitan dua hal. Pertama, persepsi & preferensi anak muda terhadap politik secara umum dinilai penting untuk memotret derajat partisipasi politik anak muda. Kedua, persepsi dan preferensi anak muda terhadap aktor politik dinilai akan mempengaruhi strategi kampanye yang digunakan aktor politik menuju pemilu.
Dalam survei ini, nampak bahwa mayoritas derajat partisipasi politik anak muda baru sampai mencoblos saat pemilu. Sedikit anak muda yang ingin menjadi timses capres/parpol dan menjadi anggota partai. Meskipun begitu, anak muda memiliki penilaian jika parpol & capres ingin dikatakan merepresentasikan anak muda maka mereka harus konsisten menyuarakan kepentingan anak muda. Isu & jenis kampanye yang menarik atensi anak muda juga terekam dalam survei ini. Selain itu yang tidak kalah menarik, anak muda memiliki kriteria tersendiri terhadap capres cawapres pilihan mereka.
Data Terkait
Katadata Insight Center (KIC) merupakan unit bisnis Katadata dengan fokus utama pada riset dan analisis data. Kami menyediakan informasi mendalam untuk menghasilkan kebijakan yang berdampak lebih besar.
Hubungi kami