Navigating Indonesia's E-Commerce: Omnichannel as the Future of Retail
Dalam beberapa tahun terakhir, sektor e-commerce di Indonesia mengalami perkembangan positif. Hal ini didorong oleh meningkatnya transaksi uang elektronik dan bergesernya preferensi belanja konsumen akibat dampak dari pandemi COVID-19. Meningkatnya transaksi di e-commerce tentu berdampak besar pada ekosistem pendukungnya.
SIRCLO bersama Katadata Insight Center (KIC) menyusun laporan “Navigating Indonesia’s E-commerce: Omnichannel as the Future of Retail” untuk mendalami lanskap e-commerce Indonesia serta peluang perkembangan bisnis secara omnichannel, yaitu strategi dalam upaya optimalisasi ekosistem e-commerce di masa pandemi dan setelahnya.
Laporan ini dilengkapi dengan hasil survei yang dilakukan oleh SIRCLO dan Katadata Insight Center terhadap 4.590 responden pada Agustus 2021 serta data konsumen yang melakukan transaksi pembayaran melalui platform yang dikelola oleh SIRCLO dalam periode Januari 2019 hingga Mei 2021
Data Terkait
Katadata Insight Center (KIC) merupakan unit bisnis Katadata dengan fokus utama pada riset dan analisis data. Kami menyediakan informasi mendalam untuk menghasilkan kebijakan yang berdampak lebih besar.
Hubungi kami