Ada berbagai macam merek sabun yang dijual di Indonesia. Sebagai konsumen bijak, maka perlu memilah produk sabun mana yang tepat untuk dibeli.
Berdasarkan survei Kurious dari Katadata Insight Center (KIC), mayoritas konsumen Indonesia memilih menggunakan sabun yang mudah ditemui di pusat perbelanjaan. Persentasenya mencapai 67,7%.
Faktor pemilihan produk sabun lainnya adalah harganya yang terjangkau sebesar 67,1%. Kemudian, ada 52,4% responden memilih sabun karena kualitas produk lebih baik dibandingkan merek lain.
Selanjutnya, sebanyak 29,1% responden memilih sabun karena produk banyak digunakan oleh orang lain. Di sisi lain, konsumen memilih produk sabun karena banyak promosinya sebanyak 22,2%. Sisanya, 4,8% responden mengatakan faktor lainnya.
Survei itu juga menunjukkan bahwa mayoritas konsumen Indonesia terbiasa menggunakan sabun dengan merek Lifebuoy. Sebanyak 71,3% responden mengaku paling sering menggunakan sabun Lifebuoy dalam setahun terakhir.
Kurious-KIC melakukan survei ini terhadap 555 orang yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, dengan proporsi responden laki-laki 50,4% dan perempuan 49,6%.
Lebih dari separuh responden berada di Pulau Jawa selain Jakarta (65%), kemudian di Jakarta (13,2%), dan Sumatra (10,9%). Sementara responden dari Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua proporsinya lebih kecil (antara 0,1%-3,9%).
Sebagian besar responden berusia antara 35-44 tahun (31,1%), diikuti kelompok 25-34 tahun (28,2%) dan kelompok 45-54 tahun (21,7%).
Survei dilakukan pada 19-26 Desember 2022 dengan metode computer-assisted web interviewing (CAWI), dengan toleransi kesalahan sekitar 4,2% dan tingkat kepercayaan 95%. Laporan lengkapnya dapat dilihat dan diunduh di tautan ini.
(Baca: Ini Merek Sabun yang Banyak Digunakan Konsumen Indonesia)