Indomie, produk mi instan asal Indonesia buatan PT Indofood CBP Tbk, didaulat masuk dalam deretan merek fast moving consumer goods (FMCG) paling populer di dunia dalam riset Kantar berjudul ‘Global Brand Footprint 2021’. Produk buatan Indonesia ini menduduki peringkat ketujuh dengan nilai Poin Jangkauan Konsumen (Consumer Reach Points) sebesar 2,2 miliar.
Adapun peringkat pertama merek terpopuler di dunia diraih oleh Coca-Cola. Merek minuman berkarbonasi ini memiliki nilai CRP sebesar 6,5 miliar.
Selanjutnya, Colgate menempati posisi kedua merek terpopuler kedua. Merek pasta gigi ini memiliki nilai CRP 4,3 miliar.
Kemudian Lifebuoy, Maggi, Lay’s, dan Pepsi masing-masing memiliki nilai CRP sebesar 3,01 miliar, 3 miliar, 2,7 miliar, dan 2,3 miliar.
(Baca: Geser Garuda Indonesia, Indomie Jadi Merek Terbaik Nasional 2020)
Dalam riset ini tingkat popularitas merek diurutkan berdasarkan CRP. CRP merupakan matriks yang mengkalkulasikan jumlah rumah tangga yang membeli merek tertentu, serta berapa kali merek tersebut dibeli.