Nike tercatat sebagai merek fesyen olahraga dengan pendapatan terbesar secara global pada 2020. Pendapatannya mencapai US$ 37,4 miliar atau sekitar Rp 532,6 triliun (kurs US$ 1= Rp 14.242).
Laporan Statistika menunjukkan, sebagian besar pendapatan Nike pada tahun lalu berasal dari sepatu, yakni mencapai lebih dari US$ 23 miliar. Merek asal Amerika Serikat ini kini telah memiliki sekitar 1.096 toko ritel di seluruh dunia.
Adidas membayangi di posisi kedua dengan total pendapatan sebesar US$ 24,37 miliar. Mayoritas atau sebanyak 33% penjualan bersih merek asal Jerman ini berasal dari wilayah Asia-Pasifik. Sementara itu, penjualan bersih di Eropa dan Amerika Utara masing-masing hanya 27% dan 24%.
Kemudian, VF Corporation berada di peringkat ketiga dengan pendapatan sebesar US$ 9,56 miliar. Selanjutnya, Puma berhasil membukukan total pendapatan sebesar US$ 6,43 miliar.
Under Armour dan Asics menyusul dengan pendapatan masing-masing sebesar US$ 4,48 miliar dan US$ 3,18 miliar. Lalu, Mizuno di posisi berikutnya dengan pendapatan sebesar US$ 1,58 miliar.
(Baca: Louis Vuitton, Produk Mewah dengan Nilai Merek Terbesar pada 2021)