Hasil jajak pendapat Katadata Insight Center (KIC) mengungkap sejumlah aktvitas kampanye politik yang dianggap paling menarik di mata masyarakat. Survei ini tertuang dalam laporan Persepsi Publik Terhadap Pilkada di 8 Provinsi.
Mayoritas responden atau 21,3% menilai membangun dialog dengan petani, nelayan, dan buruh dianggap menjadi kampanye politik paling menarik.
Selanjutnya, kampanye dengan mengadakan pelatihan kewirausahaan yang dipilih 19,4%. Masyarakat juga tertarik dengan kampanye berbalut pasar murah yang dipilih 14,7%.
Kegiatan lainnya yang dianggap menarik yakni bakti sosial (12,3%), diskusi publik (11,8%), belanja di pasar tradisional (4,8%), mengadakan event olahraga (3%), serta menjadi pembicara dalam podcast influencer (2,1%).
Lalu ada aktivitas lain, seperti pentas seni, konser, konten kolaborasi, spanduk, dan main bersama anak-anak dengan proporsi kurang dari 2%.
Survei aktivitas kampanye ini melibatkan 7.864 responden yang tersebar di 8 provinsi berusia di atas 17 tahun yang memiliki nomor handphone (populasi berbasis telco data insight Telkomsel).
Koleksi data dilakukan pada 3-9 Mei 2024 secara online melalui data collection tSurvey dengan metode pengambilan sampel non-probability sampling. Adapun tingkat kesalahan (margin of error) sekitar 1,1% pada tingkat kepercayaan 95%.
Berikut rincian kampanye politik yang paling menarik bagi responden berdasarkan survei KIC Mei 2024:
- Berdialog dengan petani, nelayan, buruh 21,3%
- Mengadakan pelatihan kewirausahaan 19,4%
- Mengadakan pasar murah 14,7%
- Mengadakan bakti sosial 12,3%
- Seminar/diskusi publik 11,8%
- Berbelanja di pasar tradisional 4,8%
- Mengadakan event olahraga 3%
- Pembicara dalam podcast influencer 2,1%
- Pentas seni khas Indonesia 1,9%
- Konser di lapangan terbuka 1,9%
- Konten kolaborasi dengan influencer 1,7%
- Spanduk/baliho/poster 1,3%
- Dialog dengan lanjut usia 1%
- Bermain bersama anak-anak 0,7%
- Lainnya 2,2%.
(Baca juga: Seberapa Puas Warga dengan Kinerja Gubernur Jabar Ridwan Kamil?)