Warga Lebih Tertarik dengan Kampanye Politik yang Ajak Berdialog

1
Erlina F. Santika 06/06/2024 17:36 WIB
Image Loader
Memuat...
Proporsi Aktivitas Kampanye Paling Menarik Menurut Responden (Mei 2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil jajak pendapat Katadata Insight Center (KIC) mengungkap sejumlah aktvitas kampanye politik yang dianggap paling menarik di mata masyarakat. Survei ini tertuang dalam laporan Persepsi Publik Terhadap Pilkada di 8 Provinsi.

Mayoritas responden atau 21,3% menilai membangun dialog dengan petani, nelayan, dan buruh dianggap menjadi kampanye politik paling menarik.

Selanjutnya, kampanye dengan mengadakan pelatihan kewirausahaan yang dipilih 19,4%. Masyarakat juga tertarik dengan kampanye berbalut pasar murah yang dipilih 14,7%.

Kegiatan lainnya yang dianggap menarik yakni bakti sosial (12,3%), diskusi publik (11,8%), belanja di pasar tradisional (4,8%), mengadakan event olahraga (3%), serta menjadi pembicara dalam podcast influencer (2,1%).

Lalu ada aktivitas lain, seperti pentas seni, konser, konten kolaborasi, spanduk, dan main bersama anak-anak dengan proporsi kurang dari 2%.

Survei aktivitas kampanye ini melibatkan 7.864 responden yang tersebar di 8 provinsi berusia di atas 17 tahun yang memiliki nomor handphone (populasi berbasis telco data insight Telkomsel).

Koleksi data dilakukan pada 3-9 Mei 2024 secara online melalui data collection tSurvey dengan metode pengambilan sampel non-probability sampling. Adapun tingkat kesalahan (margin of error) sekitar 1,1% pada tingkat kepercayaan 95%.

Berikut rincian kampanye politik yang paling menarik bagi responden berdasarkan survei KIC Mei 2024:

  • Berdialog dengan petani, nelayan, buruh 21,3%
  • Mengadakan pelatihan kewirausahaan 19,4%
  • Mengadakan pasar murah 14,7%
  • Mengadakan bakti sosial 12,3%
  • Seminar/diskusi publik 11,8%
  • Berbelanja di pasar tradisional 4,8%
  • Mengadakan event olahraga 3%
  • Pembicara dalam podcast influencer 2,1%
  • Pentas seni khas Indonesia 1,9%
  • Konser di lapangan terbuka 1,9%
  • Konten kolaborasi dengan influencer 1,7%
  • Spanduk/baliho/poster 1,3%
  • Dialog dengan lanjut usia 1%
  • Bermain bersama anak-anak 0,7%
  • Lainnya 2,2%.

(Baca juga: Seberapa Puas Warga dengan Kinerja Gubernur Jabar Ridwan Kamil?)

Data Stories Terkini
Databoks Premium
Databoks Premium

Data Populer

Lihat Semua