Populix merekam sejumlah aktivitas kampanye pilkada yang dianggap paling menarik bagi publik.
Hasilnya, mayoritas atau 61% dari total responden lebih tertarik pada aktivitas kampanye berupa diskusi publik dua arah.
Berikutnya, kampanye dengan mengadakan pelatihan kewirausahaan dipilih oleh 44% responden. Lalu kampanye dengan acara pengobatan gratis dan pembagian sembako masing-masing diminati oleh 41% dan 39% responden.
Kemudian kegiatan kampanye berupa acara olahraga seperti turnamen sepak bola atau fun run disukai oleh 34%. Diikuti pertunjukan musik atau seni (27%); kunjungan tim sukses dari rumah ke rumah (26%); dan lainnya seperti terlihat pada grafik.
Di samping itu Populix juga menemukan, jenis konten favorit warga untuk mencari informasi terkait pilkada adalah video pendek atau cuplikan, yang dinyatakan oleh 81% responden.
Lalu website berisi kumpulan informasi pilkada disukai 46% responden, foto 33%, podcast 31%, infografis 27%, video dokumenter 27%, dan kartun atau meme 19%.
Populix menggelar survei ini secara online pada 23-26 Mei 2024 terhadap 962 responden yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
Mayoritas responden berada di Pulau Jawa (60%), lalu diikuti Pulau Sumatra (23%); Sulawesi, Maluku, Papua (6%); Kalimantan (5%); dan Bali-Nusa Tenggara (5%).
Responden didominasi oleh generasi Z sebanyak 53%, millennial 42%, serta generasi X dan boomers 6%.
(Baca: Hal yang Dikhawatirkan Publik dalam Kampanye Pilkada 2024)