Jumlah audiens atau penikmat esports dunia diprediksi mencapai 495 juta orang tahun ini. Angkanya bertambah 11,7% dari tahun lalu. Jumlah audiens ini terbagi menjadi penonton tak berkala sebanyak 272 juta dan penggemar esport sebanyak 223 juta orang.
Sepanjang tahun lalu, sekitar 1,8 miliar orang mulai sadar dan memperhatikan keberadaan esports di dunia. Jumlahnya bertambah dari 2018 yang hanya sebesar 1,6 miliar orang. Hiburan mainstream adalah penggerak utama bertumbuhnya kesadaran akan esports di dunia, terutama terpaan oleh Netflix, platform video, dan media lainnya.
Audiens dan tingkat kesadaran akan esports sedang meningkat di pasar negara berkembang, seperti Amerika Latin, Timur Tengah dan Afrika, dan Asia. Hal ini didukung urbanisasi dan kemajuan infrastruktur IT. Secara global, peningkatan popularitas gim ponsel menunjukkan menariknya genre game battle royale dan MOBA.