Survei IDN Research Institute bersama Populix menunjukkan, mayoritas atau 68% generasi Z dan milenial di Indonesia menonton konser musik sebanyak 1-3 kali dalam setahun terakhir.
"Frekuensi ini menunjukkan permintaan yang kuat akan acara live musik, mencerminkan pentingnya musik dan hiburan dalam kehidupan budaya mereka," tulis IDN Research Institute dalam laporan Indonesia Millennial & Gen Z Report 2025.
Lalu, terdapat 24% responden menonton konser sebanyak 4-6 kali dalam setahun dan 6% responden mencapai 7-10 kali.
Sementara, hanya 2% responden yang menyaksikan konser musik lebih dari 10 kali dalam setahun terakhir.
Di samping itu survei ini juga menemukan, sebanyak 51% responden di kalangan anak muda menghabiskan dana kurang dari Rp1 juta untuk membeli tiket konser.
"Meskipun minat untuk menghadiri acara live musik cukup tinggi, biaya tetap menjadi pertimbangan utama," tulis IDN Research Institute.
Survei ini melibatkan 1.500 responden, terdiri dari 750 responden milenial dan 750 responden gen Z yang tersebar di 12 kota besar Indonesia.
IDN Research Institute mendefinisikan milenial sebagai kelompok penduduk berusia 28-43 tahun dan gen Z berusia 12-27 tahun pada 2024.
Pengumpulan data dilakukan pada Maret-Agustus 2024 melalui wawancara mendalam.
(Baca: Deretan Promotor Konser Musik Tercuan 2023, Live Nation Teratas)