Konsumen online global lebih memilih mengalokasikan kelebihan dananya dalam bentuk tabungan dibandingkan untuk untuk liburan, berinvestasi maupun menikmati hiburan luar rumah. Masih adanya kekhawatiran terhadap resesi perekonomian dunia membuat tabungan menjadi pilihan utama (77 persen) alokasi kelebihan dana konsumen. Angka ini meningkat dibandingkan dengan triwulan sebelumnya hanya 70 persen.
Hasil survei Nielsen Global Survey of Consumer Confidence and Spending Intentions Q3 2016 yang dirilis Oktober 2016 mengungkapkan, kekhawatiran konsumen terhadap kondisi perekonomian global pada triwulan III 2016 menurun menjadi 31 persen dibandingkan triwulan sebelumnya mencapai 38 persen. Sementara kecemasan terhadap ancaman teroris dan ketidakstabilan meningkat.
Survei Nielsen Global Survey of Consumer Confidence and Spending Intentions Q3 2016 dilakukan pada periode 10 Agustus-2 September 2016 terhadap 30 ribu responden yang berasal dari 63 negara. Meskipun metode survei online ini dapat menjangkau skala global, namun survei ini hanya memberi perspektif dari kebiasaan pengguna internet dan bukan populasi total.