Rata-rata proporsi pendapatan konsumen untuk konsumsi mengalami peningkatan pada Mei 2022, sementara untuk porsi untuk tabungan menurun.
Bank Indonesia (BI) mencatat, rata-rata proporsi pendapatan konsumen yang digunakan untuk konsumsi pada Mei 2022 sebesar 74,3%, naik dibandingkan 73,9% pada April 2022.
Rata-rata rasio konsumsi tercatat naik pada mayoritas tingkat pengeluaran, terutama pada responden dengan pengeluaran lebih dari Rp5 juta per bulan, yaitu dari 68,1% menjadi 68,8% pada Mei 2022.
Di sisi lain, proporsi pendapatan konsumen yang disimpan untuk tabungan (saving to income ratio) pada Mei 2022 terpantau sedikit menurun pada angka 16,0%, lebih rendah dari 16,4% pada bulan sebelumnya.
Porsi tabungan terhadap pendapatan menurun pada sebagian kategori pengeluaran. Penurunan terdalam terjadi pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp4,1- Rp5 juta per bulan, yaitu dari 17,8% menjadi 16% pada Mei 2022.
Sementara itu, rata-rata rasio pembayaran cicilan/utang (debt to income ratio) pada Mei 2022 tetap, yakni berada pada angka 9,7%.
(Baca Juga: Usai Libur Lebaran, Optimisme Konsumen Menguat pada Mei 2022)