Ini Platform Belanja Online Paling Diminati Konsumen saat Ramadan
INFOGRAFIK![Penulis](https://databoks.katadata.co.id/img/default-avatar.jpg)
- A Font Kecil
- A Font Sedang
- A Font Besar
Ada berbagai platform yang diminati konsumen belanja online saat Ramadan, mulai dari e-commerce/marketplace, business messenger, hingga situs toko daring.
Hal ini terlihat dari laporan hasil survei YouGov yang bertajuk Indonesia’s 2024 Ramadan Shopping Outlook.
![](https://cdn1.katadata.co.id/media/images/temp/2024/03/26/Platform_Belanja_Online_Paling_Diminati_Konsumen_saat_Ramadan-2024_03_26-10_07_29_639dfa3d83db4e48a14b08c0f0b832c1.png)
Shopee menjadi platform belanja online yang paling banyak diminati konsumen Indonesia untuk belanja online saat Ramadan, dengan proporsi 89%.
Kemudian 51% responden berniat belanja online di Tokopedia, dan 41% berencana membeli produk di TikTok Shop pada bulan puasa tahun ini.
Ada pula yang berencana belanja online di Lazada (34%), Facebook/Instagram Shops (19%), Bukalapak (9%), WhatsApp/Line for Business (9%), Blibli (7%), situs toko daring (5%), dan platform lainnya saat Ramadan.
Survei ini juga mencatat, belanja online di Shopee saat Ramadan lebih banyak diminati kalangan perempuan dengan proporsi 92%, dibanding laki-laki 85%.
Kecenderungan serupa terjadi di TikTok Shop, dengan proporsi peminat dari kalangan perempuan 49% dan laki-laki 33%.
Sebaliknya, Tokopedia lebih populer di kalangan laki-laki dengan proporsi 59% ketimbang perempuan 42%.
YouGov melakukan survei ini terhadap 2.136 responden di Indonesia pada Januari 2024.
Seluruh responden berusia 18 tahun ke atas dan diasumsikan mewakili populasi pengguna internet nasional dari berbagai kelompok sosial-ekonomi.
(Baca: Ini Produk yang Diminati Konsumen Belanja Online saat Ramadan)