Ini Hobi Orang-Orang dengan Kekayaan Fantastis

INFOGRAFIK
Penulis
Adi Ahdiat 28/02/2023 18:19 WIB

  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Dalam laporan World Ultra Wealth Report 2022, Altrata mengestimasikan ada sekitar 3,6 juta orang dengan kekayaan fantastis atau ultra high net worth (UHNW) di seluruh dunia.

Orang-orang super kaya di kelompok UHNW itu memiliki kekayaan bersih di atas US$30 juta atau lebih dari Rp450 miliar (asumsi kurs Rp15.000/US$).


Proporsinya hanya sekitar 0,04% dibanding populasi global yang jumlahnya mencapai 8 miliar orang pada November 2022.

Altrata juga menemukan bahwa sebagian besar orang super kaya memiliki hobi filantropi, yakni aktivitas kedermawanan atau memberi bantuan untuk masyarakat.

Menariknya, hobi filantropi itu lebih banyak dimiliki orang super kaya yang berjenis kelamin perempuan dengan proporsi seperti terlihat pada grafik.

"Ini mencerminkan perempuan super kaya umumnya lebih memiliki minat pada isu sosial seperti kesejahteraan, ketidaksetaraan, perlindungan anak-anak, dan lingkungan," kata Altrata dalam laporannya.

"Ini juga menandakan adanya hubungan kuat antara kekayaan hasil warisan dengan tingkat filantropis yang lebih tinggi, yang lebih banyak ditemukan di kalangan perempuan ketimbang laki-laki," lanjutnya.

Sementara itu, untuk kalangan laki-laki super kaya, hobi utamanya adalah olahraga, sedangkan filantropi menempati peringkat kedua. Hobi bidang teknologi juga lebih menonjol di kalangan laki-laki super kaya.

(Baca: 10 Negara dengan Orang Kaya Terbanyak, Siapa Juaranya?)