Banyak Konsumen Lebih Pilih E-Commerce untuk Belanja Fashion

INFOGRAFIK
Penulis
Adi Ahdiat 08/09/2022 11:58 WIB

  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan hasil survei JakPat, kebanyakan warga Indonesia tampaknya lebih suka belanja produk busana di e-commerce ketimbang toko fisik.

Survei tersebut menunjukkan, pada semester I 2022 sebanyak 58% responden memilih e-commerce untuk belanja fashion. Sedangkan yang belanja produk ini di toko fisik hanya 29%.


E-commerce juga lebih digemari untuk berbelanja gawai dan perlengkapan elektronik lainnya, dengan rincian seperti terlihat pada grafik.

Adapun tren belanja sayuran atau bahan makanan segar di e-commerce tampaknya masih rendah, karena mayoritas responden lebih memilih membeli di toko fisik.

Survei ini dilakukan JakPat terhadap 1.420 responden di Indonesia yang melakukan belanja online selama semester I 2022.

Sebanyak 50% responden berasal dari kelompok usia Milenial, 36% dari kelompok Gen Z, dan 15% dari kelompok Gen X. Adapun sebanyak 41% responden berada di luar Pulau Jawa, 35% di Pulau Jawa, dan 24% di Jakarta dan sekitarnya.