Banyak Konsumen Lebih Pilih E-Commerce untuk Belanja Fashion
INFOGRAFIK![Penulis](https://databoks.katadata.co.id/img/default-avatar.jpg)
- A Font Kecil
- A Font Sedang
- A Font Besar
Berdasarkan hasil survei JakPat, kebanyakan warga Indonesia tampaknya lebih suka belanja produk busana di e-commerce ketimbang toko fisik.
Survei tersebut menunjukkan, pada semester I 2022 sebanyak 58% responden memilih e-commerce untuk belanja fashion. Sedangkan yang belanja produk ini di toko fisik hanya 29%.
![](https://cdn1.katadata.co.id/media/images/temp/2022/09/08/Perbandingan_Pembelian_Produk_di_E-Commerce_dan_Toko_Fisik-2022_09_08-11_42_37_34244e665cf72953d268f9a0eddad64e.png)
Baca Juga
E-commerce juga lebih digemari untuk berbelanja gawai dan perlengkapan elektronik lainnya, dengan rincian seperti terlihat pada grafik.
Adapun tren belanja sayuran atau bahan makanan segar di e-commerce tampaknya masih rendah, karena mayoritas responden lebih memilih membeli di toko fisik.
Survei ini dilakukan JakPat terhadap 1.420 responden di Indonesia yang melakukan belanja online selama semester I 2022.
Sebanyak 50% responden berasal dari kelompok usia Milenial, 36% dari kelompok Gen Z, dan 15% dari kelompok Gen X. Adapun sebanyak 41% responden berada di luar Pulau Jawa, 35% di Pulau Jawa, dan 24% di Jakarta dan sekitarnya.