Kompetisi Video Pendek Kompetisi Video Pendek

Negara Mana yang Berminat Investasi di IKN hingga Agustus 2024?

1
Nabilah Muhamad 06/08/2024 15:26 WIB
Image Loader
Memuat...
Jumlah Surat Minat Investasi atau Letter of Intent/LOI Berdasarkan Negara (3 Agustus 2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Otorita Ibu Kota Negara (IKN) melaporkan telah menerima 423 surat minat investasi/letter of intent (LOI) dari investor asing untuk pembangunan Nusantara. 

“Tapi tidak semua LOI ini minat investasi, surat ini banyak yang sifatnya mau menjadi vendor, konsultan, dan lainnya,” kata Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono dalam acara ASN Fest 2024 yang disiarkan secara daring, Sabtu (3/8/2024). 

Agung memperkirakan, hanya setengah dari LOI tersebut yang benar-benar minat berinvestasi di IKN. Kini pihaknya tengah memilah surat permintaan yang masuk. 

Adapun investor asing terbanyak berasal dari Singapura, dengan 29 LOI. Kemudian dari China sebanyak 26 LOI, Jepang 25 LOI, Malaysia 22 LOI, dan Korea Selatan 10 LOI. 

Selain itu, terdapat permintaan investasi dari Amerika Serikat dengan 10 LOI, Finlandia 4 LOI, Spanyol 3 LOI, Jerman 3 LOI, dan dari negara-negara lainnya 288 LOI.

Di samping itu Agung optimis proses investasi asing ini dapat dengan mudah terealiasikan. Ini didukung oleh Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2024 tentang Percepatan Pembangunan Ibu Kota Nusantara. 

“Ini kami dapat banyak sekali dukungan, ada kepastian hukum untuk memproses investasi yang selama ini baru kami prioritaskan dalam negeri,” katanya. 

(Baca: Jalan Tol IKN Belum Rampung, Ini Progresnya Akhir Juli 2024)

Data Populer

Lihat Semua