Kompetisi Video Pendek Kompetisi Video Pendek

LSI: Bobby Nasution Unggul di Bursa Bacagub Sumatera Utara

1
Erlina F. Santika 29/07/2024 11:18 WIB
Image Loader
Memuat...
Proporsi Keterpilihan Bakal Calon Gubernur Sumatera Utara dalam Simulasi Terbuka (7-17 Juli 2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil jajak pendapat Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan, Bobby Nasution, Wali Kota Medan sekaligus menantu Presiden Joko Widodo, menempati urutan pertama top of mind bakal calon gubernur (bacagub) Sumatera Utara dengan tingkat keterpilihan sebesar 34,2%.

Top of mind merupakan nama pertama yang muncul di benak responden ketika diberi pertanyaan. Pertanyaan dalam survei ini adalah siapa yang akan responden pilih sebagai gubernur Sumatera Utara bila pemilihan langsung diadakan hari ini.

Sementara urutan kedua ditempati oleh mantan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, dengan tingkat keterpilihan sebesar 15,1%. Berjarak dua kali lipat lebih dari proporsi yang dikantongi Bobby.

Urutan ketiga ada Musa Rajekshah atau Ijeck sebesar 4%. Disusul Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebesar 3,3%.

Di luar empat besar itu, proporsi keterpilihannya kurang dari 2%, seperti terlihat pada grafik. Sementara yang menjawab tidak tahu atau rahasia sebesar 34,7%.

Baik Bobby maupun Edy konsisten berdiri di dua teratas dalam simulasi terbuka 23 nama hingga dua nama. Bahkan pada simulasi head-to-head dua nama, Bobby unggul dengan proporsi 61,3% dan Edy sebesar 30,6%.

"Pengerucutan itu menunjukkan hal yang sama bahwa pertarungan tampaknya masih didominasi oleh dua nama yaitu Bobby Afif Nasution dan Edy Rahmayadi, nama-nama lainnya masih di bawah 10%," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan saat memaparkan rilis survei secara daring, Minggu (28/7/2024) dilansir dari Antaranews.

Survei ini melibatkan 800 responden di Sumatera Utama dengan kriteria berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Responden dipilih melalui metode multistage random sampling

Pengambilan data dilakukan pada 7-17 Juli 2024 melalui wawancara tatap muka. Toleransi kesalahan survei (margin of error) sekitar 3,5% pada tingkat kepercayaan 95%.

(Baca juga: Mayoritas Warga Sumut Enggan Dipimpin Edy Rahmayadi Lagi)

Data Populer

Lihat Semua