Kompetisi Video Pendek Kompetisi Video Pendek

Pengeluaran Penduduk Kabupaten Morowali Utara untuk Membeli Umbi-Umbian Rp2.242,29 per Kapita per Minggu

1
Agus Dwi Darmawan 27/07/2024 08:38 WIB
Image Loader
Memuat...
Pengeluaran per Kapita di Kabupaten Morowali Utara untuk Membeli Umbi-Umbian Periode 2018-2023
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Rata-rata pengeluaran masyarakat di Kabupaten Morowali Utara untuk membeli umbi-umbian pada 2023 sebesar Rp2.242,29 per kapita per minggu. Nilai ini naik dibandingkan dengan pengeluaran tahun sebelumnya yang tercatat Rp2155.7 per kapita per minggu.

Pengeluaran per kapita adalah biaya yang dikeluarkan untuk konsumsi semua anggota rumah tangga selama sebulan dibagi dengan banyaknya anggota rumah tangga. Pengelaran ini dapat dikelompokkan pada dua bagian yakni untuk kebutuhan makanan dan bukan makanan.

Pengeluaran untuk konsumsi makanan dihitung selama seminggu, sedangkan untuk bukan makanan dihitung selama sebulan dan 12 bulan yang lalu. Baik konsumsi makanan maupun bukan makanan selanjutnya dikonversikan ke dalam pengeluaran rata-rata sebulan. Angka-angka konsumsi/pengeluaran rata-rata per kapita yang disajikan dalam publikasi BPS diperoleh dari hasil bagi jumlah konsumsi seluruh rumah tangga (baik mengkonsumsi makanan maupun tidak) terhadap jumlah penduduk.

Lima terbesar pengeluaran penduduk untuk kelompok umbi-umbian di Kabupaten Morowali Utara dari urutan tertinggi dibelanjakan untuk sagu (bukan dari ketela pohon) Rp957.68 per kapita per minggu, ketala pohon/singkong Rp735.75 per kapita per minggu, ketela rambat/ubi jalar Rp433.19 per kapita per minggu, kentang Rp74,07 per kapita per minggu dan terrendah dibelanjakan untuk talas/keladi Rp41,61 per kapita per minggu

Publikasi Badan Pusat Statistik (BPS), rata-rata pengeluaran per kapita di kabupaten ini mencapai Rp1,61 juta per kapita dalam sebulan pada Maret 2023. Jumlah tersebut meningkat 23,49% dibandingkan Maret 2022 yang sebesar Rp1,3 juta per kapita per bulan.

Berdasarkan wilayah, pengeluaran penduduk untuk membeli umbi-umbian tertinggi adalah di Kabupaten Lanny Jaya dan terendah di Kabupaten Rote Ndao. Sedangkan untuk Kabupaten Morowali Utara ini, nominal pengeluaran untuk membeli umbi-umbian berada di urutan 126. Sementara itu, rata-rata pengeluaran per kapita secara nasional untuk membeli umbi-umbian adalah Rp257,5 per kapita per minggu.

Data Populer
Lihat Semua