Per Minggu, Penduduk Kota Cimahi Mengeluarkan Rp4.380,27 per Kapita per Minggu untuk Membeli Bumbu-Bumbuan

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Agus Dwi Darmawan 18/04/2024 08:28 WIB
Perbandingan Pengeluaran Kelompok Bumbu-Bumbuan di Kota Cimahi Tahun 2023
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pengeluaran masyarakat untuk membeli bumbu-bumbuan di kota Cimahi pada 2023 adalah Rp4.380,27 per kapita per minggu. Nilai ini turun dibandingkan dengan pengeluaran tahun sebelumnya yang tercatat Rp4.576,45 per kapita per minggu.

(Baca: Seminggu, Pengeluaran Penduduk Kab. Polewali Mandar untuk Membeli Bubur Bayi Rp4,68 per Kapita per Minggu)

Lima terbesar pengeluaran penduduk untuk kelompok bumbu-bumbuan di kota Cimahi dari urutan tertinggi dibelanjakan untuk bumbu racikan Rp795.36 per kapita per minggu, kecap Rp772,05 per kapita per minggu, penyedap masakan/vetsin Rp631,04 per kapita per minggu, merica/lada Rp356.33 per kapita per minggu dan terrendah dibelanjakan untuk asam Rp68,29 per kapita per minggu

Pengeluaran per kapita adalah biaya yang dikeluarkan untuk konsumsi semua anggota rumah tangga selama sebulan dibagi dengan banyaknya anggota rumah tangga. Pengelaran ini dapat dikelompokkan pada dua bagian yakni untuk kebutuhan makanan dan bukan makanan.

(Baca: 7,01% Penduduk di Kab. Sukabumi Masuk Kategori Miskin)

Pengeluaran untuk konsumsi makanan dihitung selama seminggu, sedangkan untuk bukan makanan dihitung selama sebulan dan 12 bulan yang lalu. Baik konsumsi makanan maupun bukan makanan selanjutnya dikonversikan ke dalam pengeluaran rata-rata sebulan. Angka-angka konsumsi/pengeluaran rata-rata per kapita yang disajikan dalam publikasi BPS diperoleh dari hasil bagi jumlah konsumsi seluruh rumah tangga (baik mengkonsumsi makanan maupun tidak) terhadap jumlah penduduk.

Publikasi Badan Pusat Statistik (BPS), rata-rata pengeluaran per kapita di kota ini mencapai Rp2,35 juta per kapita dalam sebulan pada Maret 2023. Jumlah tersebut meningkat 23,1% dibandingkan Maret 2022 yang sebesar Rp1,91 juta per kapita per bulan.

Berdasarkan wilayah, pengeluaran penduduk untuk membeli bumbu-bumbuan tertinggi adalah di kabupaten Puncak Jaya dan terendah di kabupaten Nias Barat. Sedangkan untuk kota Cimahi ini, nominal pengeluaran untuk membeli bumbu-bumbuan berada di urutan 87. Sementara itu, rata-rata pengeluaran per kapita secara nasional untuk membeli bumbu-bumbuan adalah Rp257,5 per kapita per minggu.

Data Populer
Lihat Semua