Cek Data: Prabowo Sebut Perempuan Harus Punya Peluang Setara Laki-Laki Dalam Pendidikan, Bagaimana Datanya?

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Puja Pratama 04/02/2024 21:47 WIB
Persentase Perempuan Berusia 15 Tahun Ke Atas yang Tidak Memiliki Ijazah Dibandingkan Laki-laki
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto, mengungkapkan rencana untuk membangun sekolah unggul terpadu di berbagai kabupaten. Tujuannya agar perempuan memiliki peluang yang sama dengan laki-laki dalam hal pendidikan.

Hal ini ia sampaikan dalam acara Debat Pilpres 2024 seri kelima bertema Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (4/2/2024).

Dalam sesi tanya jawab, Anies bertanya kepada Prabowo terkait kekurangan dalam upaya pemberdayaan perempuan saat ini. Prabowo mengatakan, “Saya ingin membangun sekolah-sekolah unggul terpadu di tiap kabupaten. Kaum perempuan diberikan kesempatan yang sama dengan kaum laki-laki.”

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) 2023, sebanyak 19,84% perempuan berusia di atas 15 tahun yang berada di perdesaan tidak memilki ijazah sekolah. Sementara di perkotaan ada 10,02% perempuan yang tidak memiliki ijazah.

Proporsi penduduk perempuan berumur 15 tahun ke atas yang tidak memiliki ijazah, baik di perkotaan maupun di perdesaan, cenderung lebih banyak dibandingkan laki-laki.

Editor : Dini Pramita
Data Populer
Lihat Semua