Prabowo-Gibran Tembus 50,7%, LSI Denny JA Sebut Bisa untuk Satu Putaran

Politik
1
Cindy Mutia Annur 31/01/2024 14:35 WIB
Elektabilitas Tiga Pasangan Capres dan Cawapres (Januari 2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan, elektabilitas pasangan capres dan cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mencapai 50,7%, menjadi yang tertinggi di antara dua kandidat lainnya.

Peneliti Senior LSI Denny JA Adjie Al Faraby mengatakan, hasil itu berdasarkan data simulasi kertas suara capres dan cawapres yang dipilih responden.

"Jadi, elektabilitas Prabowo-Gibran sudah melewati magic number untuk satu putaran (Pilpres), yaitu di angka 50,7%," kata Adjie dalam konferensi pers secara online di akun YouTube LSI Denny JA, Selasa (30/1/2024).

Kemudian, posisinya kedua ditempati oleh pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dengan elektabilitas 22%. Lalu, posisi ketiga diduduki pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD 19,7%.

Sementara, pemilih yang salah mencoblos 0,7% atau tidak sesuai dengan undang-undang Pemilu dan PKPU. Sisanya, ada 6,9% responden yang tak menjawab atau masih merahasiakan pilihannya.

Survei ini dilakukan pada 16-26 Januari 2024 dengan melibatkan 1.200 responden. Sampel survei dipilih menggunakan metode multistage random sampling.

Teknik pengumpulan data pada survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Survei ini memiliki tingkat kesalahan (margin of error) sekitar 2,9%.

(Baca: LSI Denny JA: Gerindra Unggul di Segmen Anak Muda, PDIP di Usia Senja)

Data Populer
Lihat Semua