Prabowo-Gibran Jadi Paslon dengan Interaksi Tertinggi di TikTok

Politik
1
Nabilah Muhamad 23/01/2024 18:34 WIB
Pasangan Capres-Cawapres dengan Tingkat Interaksi Tertinggi di TikTok (16-22 Januari 2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Lembaga analisis media sosial, Drone Emprit, melakukan analisis terhadap tingkat interaksi capres-cawapres di TikTok periode 16-22 Januari 2024. 

Tingkat interaksi ini diukur melalui gabungan jumlah unggahan, suka, komentar, dan bagikan. 

Hasilnya, pasangan calon (paslon) nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meraih interaksi tertinggi di TikTok, yakni sebanyak 376 juta interaksi sepanjang periode tersebut. 

Data tersebut diambil menggunakan kata kunci prabowo, prabowosubianto, gibran, gibranrakabuming, prabowogibran2024. 

"Interpretasi ini bisa menunjukkan bahwa Prabowo-Gibran memiliki kehadiran atau kampanye yang sangat efektif di TikTok selama waktu tersebut," kata Pendiri Drone Emprit Ismail Fahmi dalam cuitan di akun pribadinya, Senin (22/1/2024). 

Ia menilai, tingginya tingkat interaksi tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya konten yang lebih menarik atau resonansi yang lebih besar dengan audiens TikTok. 

Di urutan kedua, ada paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dengan 241,7 juta interaksi di TikTok. Penelusuran ini berdasarkan kata kunci anies, aniesbaswedan, amin, cakimin, dan aminajadulu. 

"Meskipun tidak sebanyak Prabowo-Gibran, kelompok ini masih memiliki keterlibatan yang tinggi," tulis Ismail.

Terakhir, dihuni oleh paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD, yang memperoleh 190 juta interaksi di TikTok. Data ini ditarik berdasarkan unggahan dengan kata kunci ganjar, ganjarpranowo, mahfud, mahfudmd, dan ganjarmahfud. 

"Meskipun jumlah interaksi totalnya lebih rendah dibandingkan dengan dua kelompok lainnya, ini tetap menunjukkan adanya diskusi yang berarti terjadi di antara pengguna," tulis Ismail. 

(Baca juga: Survei Praxis: Debat Terbuka Sangat Pengaruhi Mahasiswa dalam Memilih Capres)

Data Populer
Lihat Semua