Gibran, Cawapres Terpopuler di Twitter saat Debat Meski Sentimen Negatif Besar

Politik
1
Cindy Mutia Annur 22/01/2024 12:36 WIB
Volume Percakapan Warganet di Twitter tentang Calon Wakil Presiden saat Debat Pilpres Seri Keempat (21 Januari 2024)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan lembaga analisis media sosial Drone Emprit, calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, paling banyak dibicarakan warganet di Twitter/X saat debat Pilpres 2024 seri keempat.

Drone Emprit melakukan analisis ini selama debat berlangsung, yaitu 21 Januari 2024 pukul 19.00-22.00 WIB. Pada kurun waktu tersebut, Gibran paling banyak memperoleh mention atau paling banyak disebut akunnya di Twitter, yaitu 142.469 kali.

Volume mention terkait Gibran berasal dari penelusuran kata kunci "Gibran, Walikota Solo, gibran_tweet, cawapres 02, cawapres no 02, cawapres nomor urut 02, el samsul, el sulfat” .

Selanjutnya, cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, menyusul dengan volume cuitan 141.293 kali. Volume percakapan itu berasal dari kata kunci "Muhaimin Iskandar, Cak Imin, Gus Imin, Gus Muhaimin, cakiminNOW, cawapres 01, cawapres nomor urut 01, el slepet.”

Sementara, cawapres nomor urut 3, Mahfud MD, meraih volume percakapan paling sedikit dibanding dua pesaingnya, yaitu 71.647 kali.

Volume percakapan terkait Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) itu diperoleh dari kata kunci "Mahfud MD, Mahfudmd, mohmahfudmd, prof mahfud, pak mahfud, cawapres 03, cawapres no 03, cawapres nomor urut 03, el profesor, el professor".

Laporan Drone Emprit juga menemukan bahwa Gibran meraih sentimen negatif terbesar di Twitter, yakni mencapai 60%. Sementara proporsi sentimen positifnya 33% dan netral 7%.

Menurut temuan Drone Emprit, sentimen negatif untuk Gibran karena ia dianggap melanggar aturan debat dengan meninggalkan podium untuk berbicara, tidak memiliki adab dan menggunakan gaya yang konyol dalam debat, serta dianggap sombong dan merendahkan pesaingnya. Selain itu, ada pula yang menilai bahwa performa Gibran menurun dibandingkan debat sebelumnya.

Meski begitu, Gibran juga mendapat sentimen positif karena dinilai memiliki kemampuan berbicara yang baik dan fokus pada visi misi tanpa menggunakan teks atau bisikan.

(Baca: Debat Cawapres: Imin Dapat Sentimen Positif Tertinggi, Gibran Ternegatif)

Data Populer
Lihat Semua