Cek Data: Berapa Rasio Puskesmas per Kecamatan di Indonesia?

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Leoni Susanto 12/12/2023 20:49 WIB
Rasio Puskesmas per Kecamatan di Indonesia Berdasarkan Provinsi (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyebutkan targetnya untuk menerapkan satu desa satu pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Indonesia. Pernyataan itu disampaikan dalam Debat Calon Presiden (Debat Capres 2024) pertama dengan tema Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga di kantor KPU, Jakarta Pusat, pada Selasa (12/12/2023).

Menurut laporan Kementerian Kesehatan pada 2021, rasio puskesmas terhadap kecamatan pada tahun 2021 sebesar 1,4. Idealnya, rasio ideal puskesmas terhadap kecamatan adalah sebesar 1,0 yaitu minimal satu puskesmas di satu kecamatan. Besaran rasio di bawah nilai 1 menunjukkan belum semua kecamatan di provinsi tersebut memiliki puskesmas. 

Menurut Kemenkes, rasio puskesmas secara nasional sudah terpenuhi. Namun, distribusi puskesmas di seluruh kecamatan tetap perlu diperhatikan. Berdasarkan laporan tersebut, persebaran puskesmas masih belum merata di Indonesia. Masih ada satu provinsi yang puskesmasnya belum terjangkau oleh seluruh masyarakat di wilayahnya yaitu Papua Barat.

(Baca juga: Kunjungan Pasien BPJS Kesehatan ke Faskes Melonjak pada 2022, Cetak Rekor Baru)

Editor : Dini Pramita
Data Populer
Lihat Semua