Cek Data: Benarkah Akses Internet Daerah Lain Tak Sama dengan di Pulau Jawa?

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 12/12/2023 21:02 WIB
Kecepatan Unduh Internet di IKN Nusantara dan Provinsi Pulau Jawa (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan, masih banyak masyarakat daerah lain yang mengalami kesulitan mendapat akses internet untuk belajar, tidak sama dengan yang di Pulau Jawa. Pernyataan itu disampaikan dalam Debat Calon Presiden (Debat Capres 2024) pertama dengan tema Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga di kantor KPU, Jakarta Pusat, pada Selasa (12/12/2023).

Menurut data dari perusahaan riset jaringan internet asal Inggris, OpenSignal, kecepatan unduh internet di DKI Jakarta dan sejumlah provinsi di Indonesia memang belum merata, bahkan di Pulau Jawa sendiri. Tercatat, rata-rata kecepatan unduh internet di Kalimantan Timur mencapai 16,3 Mbps.

Angka masih selisih 1,2 Mbps dari DKI Jakarta yang berada di peringkat teratas dengan rata-rata download speed 17,5 Mbps. Meski masih kalah dari DKI Jakarta, rata-rata kecepatan unduh internet Kalimantan Timur sudah mengungguli Banten, Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

(Baca: Indonesia Negara ke-7 dengan Populasi Terbanyak yang Tak Terhubung Internet)

Data Populer
Lihat Semua