Deretan Sektor Startup Global dengan Peningkatan Terbesar 2023

Teknologi & Telekomunikasi
1
Erlina F. Santika 04/12/2023 18:43 WIB
Distribusi Peningkatan/Scaleup Startup Global Berdasarkan 10 Sektor Terbesar (2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Startup Genome dan Dealroom menghitung sejumlah sektor perusahaan rintisan atau startup yang mengalami peningkatan (scaleup) pada 2023.

Peningkatan terbesar berasal dari sektor biofarma, gabungan bioteknologi dan farmasi, dengan jumlah 1.821 peningkatan.

Teknologi finansial alias financial technology (fintech) mengekor di posisi kedua dengan jumlah 1.745 peningkatan. Ketiga, pemasaran atau marketing sebesar 853. Ketiga, startup transportasi sebanyak 960.

Perusahaan perangkat lunak atau software menyusul di posisi keempat dengan jumlah 941. Lalu ada pemasaran atau marketing sebesar 853.

Sektor lainnya yang mengisi daftar 10 startup dengan peningkatan tertinggi yakni energi, media, keamanan, pangan, dan platform kesehatan dengan jumlah peningkatan startup-nya terlihat pada grafik.

Startup Genome menyebut, peningkatan di atas angka 1.100 kali dikategorikan atau berfokus pada pemberian dampak pada pengguna. Ada juga peningkatan terhadap deep tech atau kedalaman teknologinya.

"Sekitar 18% dari seluruh peningkatan global adalah deep tech dan ~9% adalah dampak," tulis Startup Genome.

Berbagai definisi digunakan untuk menetapkan standar peningkatan terhadap sebuah startup. Menurutnya, sebuah startup berada pada tahap peningkatan, ketika telah menentukan dan membuktikan skalabilitas model bisnisnya. Skalabilitas merupakan kemampuan suatu sistem menangani penambahan beban yang diberikan.

Startup Genome mengusulkan definisi sederhana, praktis, dan objektif untuk skala peningkatan, yakni startup yang memiliki valuasi U$50 juta atau lebih.

Adapun alasan menggunakan standar kucuran investasi dari modal ventura (venture capital/VC) sebab menawarkan keuntungan karena dilaporkan secara luas, selain objektif dan diverifikasi oleh pihak ketiga.

Lebih dari 100 ribu pemilik startup global disurvei dalam laporan ini. Startup Genome memberi catatan, penghitungan ganda dalam daftar ini bisa saja terjadi karena peningkatan skala mungkin memenuhi syarat bagi dua sektor atau industri, terkecuali perusahaan perangkat lunak.

(Baca juga: Pangsa Pendanaan Startup Global Terbesar untuk AI dan Big Data 2018-2022)

Data Populer
Lihat Semua