Indeks Keamanan Siber Indonesia Tertinggi ke-5 di ASEAN 2023

Teknologi & Telekomunikasi
1
Nabilah Muhamad 29/11/2023 19:44 WIB
Daftar Negara dengan Skor Indeks Keamanan Siber Tertinggi di Asia Tenggara Versi NCSI (2023)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan laporan National Cyber Security Index (NCSI), Indonesia masuk lima besar negara dengan keamanan siber terbaik di kelompok Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) pada 2023. 

Indonesia meraih penilaian sebesar 63,64 poin dari skor maksimal 100 poin. Sementara secara global, Indonesia menduduki peringkat ke-49 dari 176 negara yang diriset dalam laporan tersebut. Bobot skor penilaian Indonesia sama dengan yang dikantongi Filipina.

Sementara itu, Malaysia dikukuhkan sebagai negara yang memiliki keamanan siber terbaik di Asia Tenggara dengan skor 79,22 poin. Negeri Jiran ini juga mengisi peringkat ke-22 secara global. 

Kemudian Singapura berada di posisi kedua Asia Tenggara dengan skor keamanan siber 71,43 poin. Disusul Thailand yang meraih 64,94 poin. 

Sejumlah negara Asia Tenggara lainnya berada di bawah peringkat Indonesia, yakni Brunei Darussalam, Vietnam, Kamboja, Laos, dan Myanmar yang meraih skor kemaman siber kurang dari 50 poin. 

NCSI membuat penilaian ini berdasarkan sejumlah indikator, seperti aturan hukum negara terkait keamanan siber; ketersediaan lembaga pemerintah di bidang keamanan siber; kerja sama pemerintah terkait keamanan siber; serta bukti-bukti publik seperti situs resmi pemerintah atau program lain yang terkait.

(Baca juga: Jabodetabek Dideteksi Sebagai Kontributor Serangan Siber Terbanyak di Indonesia 2023)

Data Populer
Lihat Semua