Daerah dengan Ekosistem Startup Terbaik Global 2023, Silicon Valley Juara

Teknologi & Telekomunikasi
1
Erlina F. Santika 15/11/2023 18:33 WIB
10 Kota/Daerah dengan Skor Ekosistem Startup Terbaik Global Versi Startup Genome (2023)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Perusahaan konsultan Startup Genome memberi penilaian terhadap sejumlah daerah atau kota dengan ekosistem startup terbaik dunia dalam laporan Global Startup Ecosystem Report 2023.

Silicon Valley, daerah selatan wilayah teluk San Fransisco, California, Amerika Serikat (AS), menduduki peringkat pertama. Perolehan skor dari pusat inovasi AS ini nyaris sempurna.

Menggunakan skala 1-10 poin, Silicon Valley mendapat skor performa sebesar 10 poin, pendanaan 10 poin, konektivitas 10 poin, jangkauan pasar 10 poin, pengetahuan 9 poin, serta kemampuan dan pengalaman 10 poin.

Peringkat kedua ditempati oleh New York. Dari enam kategori yang dinilai, 5 di antaranya mendapat poin sempurna. Hanya kategori pengetahuan yang memperoleh skor 6 poin.

London berada di peringkat yang sama dengan New York. Dari 6 kategori, 4 di antaranya mendapat skor 10 poin. Sisanya, performa mendapat nilai 9 poin dan pengetahuan sebesar 6 poin.

"Tiga ekosistem teratas telah mempertahankan posisinya sejak 2020, dengan Silicon Valley tetap berada di posisi teratas, diikuti oleh New York City dan London di peringkat kedua," tulis tim Startup Genome dalam laporannya.

Singapura masuk untuk pertama kalinya dan menjadi satu-satunya perwakilan ASEAN. Berada di posisi 8, Singapura naik 10 peringkat dari tahun lalu yang berada di posisi 18.

Singapura mengantongi skor performa sebesar 7 poin, pendanaan 9 poin, konektivitas 9 poin, jangkauan pasar 9 poin, pengetahuan 1 poin, dan kemampuan serta bakat 7 poin.

Persis di bawah Singapura, perwakilan Asia, Shanghai, memperoleh performa sebesar 9 poin, pendanaan 3 poin, konektivitas 1 poin, jangkauan pasar 6 poin, pengetahuan 10 poin, dan bakat serta pengalaman 9 poin. 

Pemeringkatan ini mengidentifikasi 30 ekosistem global teratas dan 10 runner-up. Tim riset menyebut ekosistem ini lebih matang dibandingkan ekosistem lainnya secara global dengan jumlah exit atau realisasi yang lebih tinggi, di atas U$50 juta dan aktivitas pendanaan yang lebih banyak.

(Baca juga: Daftar 10 Raksasa Unicorn Global Oktober 2023, Induk TikTok Rajanya)

Data Populer
Lihat Semua