Jumlah Pengguna Facebook Global Tembus 3 Miliar pada Kuartal III-2023

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 02/11/2023 15:59 WIB
Jumlah Pengguna Aktif Bulanan Facebook secara Global (Kuartal I 2009–Kuartal III 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan laporan Meta Platforms Inc, jumlah pengguna aktif bulanan (monthly active users/MAUs) Facebook telah mencapai 3,05 miliar orang pada kuartal III-2023. Angka ini tumbuh tipis 0,62% dari kuartal sebelumnya (quarter-on-quarter/qoq).

Sementara, dibandingkan periode yang sama tahun lalu, jumlah pengguna aktif bulanan aplikasi besutan Mark Zuckerberg ini tercatat naik 3,07% (year-on-year/yoy).

Dilihat dari sebaran wilayahnya, mayoritas pengguna aktif bulanan Facebook pada kuartal III-2023 masih didominasi oleh kawasan Asia Pasifik, yaitu mencapai 1,35 miliar orang atau sekitar 44,5% dari total pengguna aktif Facebook global periode tersebut.

Selanjutnya, jumlah pengguna aktif bulanan Facebook di wilayah Eropa tercatat sebanyak 408 juta orang, lalu disusul wilayah Amerika Serikat dan Kanada sebanyak 271 juta orang, dan wilayah lainnya 1,01 miliar orang.

Adapun pertumbuhan pengguna aktif bulanan Facebook cenderung melambat secara kuartal lantaran sejumlah aplikasi media sosial kompetitor juga terus mencatatkan peningkatan jumlah pengguna. Misalnya, TikTok, Twitter, hingga aplikasi keluarga Facebook sendiri, Instagram dan WhatsApp.

Meski begitu, secara tren jumlah pengguna aktif bulanan Facebook global terus meningkat secara konsisten sejak awal 2009 lalu, seperti terlihat pada grafik di atas.

Menurut laporan We Are Social, Indonesia memiliki jumlah pengguna Facebook terbanyak ketiga di dunia pada Juli 2023. Posisinya berada di bawah India dan Amerika Serikat yang masing-masing menempati urutan pertama dan kedua global.

(Baca: Indonesia Masuk 3 Besar Negara Pengguna Facebook Terbesar Dunia)

Editor : Padjar Iswara
Data Populer
Lihat Semua