Riset: Rumah Tapak Jadi Properti yang Paling Dicari Gen Z dan Milenial

Properti
1
Nabilah Muhamad 06/10/2023 14:39 WIB
Jenis Properti yang Dicari Gen Z dan Milenial (2022-Semester I 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan riset perusahaan teknologi real estat, 99 Group, rumah tapak atau landed house menjadi tipe properti yang paling dicari generasi Z dan milenial hingga paruh pertama 2023. 

Rinciannya, sebanyak 64,4% responden gen Z berminat terhadap rumah tapak. Sedangkan di kalangan milenial sebanyak 64,6%. 

Jenis properti berikutnya yang diminati oleh kedua generasi muda ini adalah tanah, dengan proporsi gen Z sebanyak 13,6% dan milenial 14,3%.

Terakhir, properti berupa apartemen yang dipilih oleh 9% gen Z dan 9,4% kalangan milenial. 

Head of Research 99 Group Marisa Jaya menuturkan, secara umum minat gen Z dan milenial terhadap sektor properti tergolong cukup tinggi dan potensial. 

"Sebetulnya gen Z dan milenial punya pattern yang sama. Kita melihat interest mereka itu masih sangat tinggi di rumah tapak," kata Marisa dalam seminar bersama Bank Indonesia secara daring, Rabu (4/10/2023).

Riset 99 Group juga merekam preferensi lokasi properti yang diminati oleh kalangan muda di Indonesia. Lokasi favorit mereka lebih banyak merujuk kota-kota besar, terutama Jakarta yang dipilih 61% gen Z dan 64,9% milenial. 

"Lokasi paling favorit saat ini, masih sangat terkonsentrasi di kota-kota besar. Di  antaranya Jakarta, Bandung, Semarang, Denpasar, Surabaya, Medan dan kota-kota besar lainnya,” jelas Marisa.

(Baca juga: DKI Jakarta Jadi Provinsi dengan Kepemilikan Rumah Terendah Nasional pada 2022)

Data Populer
Lihat Semua