Kontroversi Limbah Nuklir, Negara Mana yang Gemar Impor Ikan dari Jepang?

Perdagangan
1
Cindy Mutia Annur 29/08/2023 20:12 WIB
10 Negara Paling Banyak Impor Ikan Segar dari Jepang (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kebijakan Jepang melepaskan air limbah radioaktif dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima ke Laut Pasifik sejak Kamis (24/8/2023) menuai kontroversi. Kebijakan itu dinilai bakal berdampak pada lingkungan sekitar.

Laporan BBC pada Sabtu (26/8/2023) menyebut, sejak bencana tsunami Jepang pada 2011 perusahaan utilitas yang bertanggung jawab atas PLTN tersebut, Tokyo Electric Power (Tepco), telah memompa air untuk mendinginkan batang bahan bakar reaktor nuklir Fukushima. Ini artinya, setiap hari pabrik tersebut menghasilkan air yang terkontaminasi, yang disimpan dalam tangki besar.

Tercatat lebih dari 1.000 tangki telah terisi, lalu Jepang mengatakan bahwa mereka membutuhkan lahan yang ditempati oleh tangki-tangki tersebut untuk membangun fasilitas baru guna menonaktifkan pembangkit listrik tersebut dengan aman. Jepang juga khawatir bahwa tank-tank tersebut bisa runtuh apabila terjadi bencana alam.

Melepaskan air limbah yang sudah diolah ke laut menjadi praktik yang lazim bagi PLTN. Namun, para kritikus menilai bahwa jumlah limbah yang dihasilkan dari Fukushima berada dalam skala yang jauh lebih besar dan belum pernah terjadi sebelumnya.

Meskipun mendapat dukungan dari badan pengawas nuklir PBB, Badan Energi Atom Internasional (IAEA), pembuangan limbah nuklir itu memicu kontroversi di Jepang karena masyarakat khawatir soal dampak kontaminasinya pada makanan laut.

Bahkan, sejumlah negara memutuskan untuk memboikot impor makanan laut dari Negeri Sakura, seperti Korea Selatan dan Tiongkok.

“Tiongkok telah memperketat pengujian radiasi terhadap produk-produk Jepang dari Fukushima dan sembilan prefektur lainnya, serta menghentikan ekspor di bea cukai selama berminggu-minggu,” kata pejabat Badan Perikanan Tiongkok dikutip dari APNews,Sabtu (26/8/2023).

Tindakan tersebut sangat disayangkan mengingat Tiongkok dan Korea Selatan merupakan dua negara yang gemar impor ikan dari Jepang.  

Menurut data Trademap, Tiongkok menjadi negara pengimpor ikan segar terbesar dari Jepang. Nilai impornya mencapai US$49,82 juta pada 2022. Sementara Korea Selatan berada di urutan kelima dengan nilai impor sebesar US$11,77 juta pada tahun yang sama.

Negara-negara lain seperti Amerika Serikat, Hongkong, Taiwan juga banyak mengimpor ikan segar dari Negeri Sakura.

Berikut adalah 10 negara pengimpor ikan segar dari Jepang terbesar berdasarkan nilainya pada 2022:

  1. Tiongkok: US$49,82 juta
  2. Amerika Serikat: US$25,43 juta
  3. Hongkong: US$17,65 juta
  4. Taiwan: US$13,26 juta
  5. Korea Selatan: US$11,77 juta
  6. Singapura: US$4,18 juta
  7. Thailand: US$3,15 juta
  8. Malaysia: US$1,22 juta
  9. Uni Emirat Arab: US$873 ribu
  10. Kanada: US$624 ribu

(Baca: 10 Negara Penghasil Ikan Laut Terbesar, RI Peringkat Berapa?)

Data Populer
Lihat Semua