Elektabilitas Sandiaga Uno Sebagai Cawapres Paling Unggul Menurut Survei Charta Politika

Politik
1
Erlina F. Santika 16/05/2023 20:30 WIB
Proporsi Elektabilitas Tokoh dalam Simulasi Pemilihan Calon Wakil Presiden 2024 versi Charta Politika (Mei 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Sandiaga Uno memperoleh elektabilitas paling tinggi dalam survei simulasi calon wakil presiden (cawapres) yang digelar lembaga riset Charta Politika. Proporsinya tembus 19,8% dari total responden.

Di bawah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu, ada Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, dengan persentase 18,4%.

Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan menyusul di posisi ketiga, dengan perolehan suara 15,2%.

Selanjutnya, posisi keempat diisi oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum Partai Demokrat, dengan torehan 10,9%. Keempat nama itu mendapat proporsi yang cukup besar.

"Sedangkan nama-nama lainnya berada di bawah 10%," tulis tim Charta Politika dalam hasil surveinya.

Adapun elektabilitas cawapres paling rendah dikantongi Puan Maharani, Ketua DPP PDIP dan Airlangga Hartarto, Ketua Umum Golkar dengan perolehan masing-masing 2,9% dan 2,2%. Sedangkan yang memilih tidak tahu atau tidak jawab (TT/TJ) sebesar 12%.

Survei ini melibatkan 1.220 responden berusia minimal 17 tahun atau sudah memenuhi syarat sebagai pemilih dan tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

Dengan metode multistage random sampling, margin of error survei ini mencapai 2,82%. Wawancara dilakukan dengan tatap muka pada 2-7 Mei 2023.

Data Populer
Lihat Semua