Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Jokowi Capai 82%, Level Tertinggi Kinerja Presiden

Politik
1
Cindy Mutia Annur 05/05/2023 18:58 WIB
Penilaian Responden Terhadap Kepuasan Kinerja Presiden (April 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada April 2023 menunjukkan, tingkat kepuasan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencapai  82%. Angka ini merupakan kepuasan kinerja  presiden tertinggi kepada Jokowi selama menjadi presiden.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengatakan, kinerja Presiden Jokowi dinilai positif oleh 82% responden. Rinciannya, 12,3% mengatakan sangat puas dan 69,7% puas.

Sementara, penilaian negatif oleh responden sebesar 17,5%. Terdiri dari kurang puas 15,9% dan tidak puas sama sekali 1,6%. Sisanya, 0,5% responden tidak tahu/tidak menjawab.

"Jadi tampaknya ini dalam data LSI adalah capaian tertinggi kinerja presiden, penilaian positif tertinggi kinerja presiden dari masyarakat," ujar Djayadi Hanan dalam konferensi pers virtual di kanal YouTube LSI, Rabu (3/5/2023).

Menurut Djayadi, penilaian terhadap kinerja Jokowi menguat sejak enam hingga tujuh bulan terakhir yaitu pada September 2022 hingga April 2023.

Dyajadi mengatakan, pola dari penilaian masyarakat yaitu jika angka inflasi turun, maka tingkat kepuasan tinggi. Sebaliknya, ia melanjutkan, jika angka inflasi tinggi, maka tingkat kepuasan rendah.

Hal ini senada dengan data Bank Indonesia (BI) yang menunjukkan tingkat inglasi cenderung menurun selama lima hingga enam bulan terakhir.  “Jadi, ini salah satu penjelas mengapa tingkat kepuasan cukup tinggi kepada presiden,” ujar Dyajadi.

Survei LSI melibatkan 1.220 responden berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah pada 12-17 April 2023. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Pemilihan sampel dilakukan secara random (multistage random sampling) dengan margin of error sampel sekitar 2,9% serta tingkat kepercayaan 95% dengan asumsi simple random sampling.

(Baca: LSI Sebut Mayoritas Orang Merasa Puas dengan Kerja Presiden Jokowi pada April 2023)

Data Populer
Lihat Semua