Indonesia Tak Masuk Daftar, Inilah Kota dengan Jumlah Miliarder Terbanyak di Dunia pada 2023

Ekonomi & Makro
1
Cindy Mutia Annur 24/04/2023 08:00 WIB
11 Kota dengan Jumlah Miliarder Terbanyak di Dunia (2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Laporan Forbes bertajuk The Cities With The Most Billionaires 2023 menunjukkan, seperempat dari seluruh miliarder dunia tinggal di 11 kota kosmopolitan di seluruh dunia. Bahkan, menurut Forbes, kekayaan para miliarder ini secara total  melebihi US$2,8 triliun atau setara dengan Rp41.171,2 triliun (Rp14.704/US$).

Namun sayangnya, tidak ada kota asal Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut.

Kota New York kembali meraih posisi pertama sebagai kota dengan jumlah miliarder terbanyak pada 2023. Tercatat, sebanyak 101 miliarder memilih kota ini sebagai tempat tinggal utama mereka. Secara total, kekayaan miliarder Kota New York bernilai US$616,8 miliar. 

Berikut daftar 11 kota dengan jumlah miliarder terbanyak dunia pada 2023 menurut Forbes.

  1. Kota New York

Jumlah miliarder: 101 miliarder

Total kekayaan bersih: US$616,8 miliar

Penduduk terkaya: Michael Bloomberg (US$94,5 miliar)

Meskipun kehilangan enam miliarder dari tahun lalu, namun kota New York masih menjadi kota paling populer bagi para miliarder. Hampir seperempat kekayaan kota ini terkonsentrasi oleh warga terkaya yang berkuasa, seperti Michael Bloomberg, Julia Koch, Alex Attalah hingga Devin Finzer, salah satu pendiri pasar NFT OpenSea.

  1. Hongkong

Jumlah miliarder: 70 miliarder

Total kekayaan bersih: US$286,8 miliar

Penduduk terkaya: Li Ka-shing ($38 miliar)

Hong Kong naik dari posisi ketiga ke posis kedua kota dengan jumlah miliarder terbanyak di dunia pada tahun ini. Kembalinya dua taipan baru di kota memanfaatkan pelonggaran pembatasan pasca-pandemi, salah satu miliarder terkemuka adalah Zhao Tongtong, seorang pendiri operator jaringan hotel H World Group, dan Lawrence Ho yang mengendalikan operator kasino Melco Resorts yang terdaftar di Hong Kong.

  1. Beijing

Jumlah miliarder: 68 miliarder

Total kekayaan bersih: US$247,2 miliar

Penduduk terkaya: Zhang Yiming (US$45 miliar)

Ibu kota Tiongkok terus kehilangan para miliarder.  Di antara mereka yang tidak lagi memiliki kekayaan miliaran dolar adalah penduduk Beijing Zhao Weiguo, akibat terkena kasus dugaan korupsi. Di sisi lain, salah satu miliarder yang mengalami lonjakan kekayaan adalah pendiri TikTok, Zhang Yimin.

  1. Shanghai

Jumlah miliarder: 65 miliarder 

Total kekayaan bersih: US$181,9 miliar

Penduduk terkaya: Colin Zheng Huang (US$30,2 miliar)

Salah satu kota di Tiongkok lainnya yang masuk ke dalam kota dengan miliarder terbanyak adalah Shanghai. Sejumlah nama miliarder Shanghai di antaranya Tang Rui, pendiri startup swakemudi ZongMu Technology, Chen Yin; ketua perusahaan perkakas DIY Greenworks, Lyu Yixiong; dan CEO Shanghai Chicmax Cosmetic, Colin Zheng Huang. 

  1. London

Jumlah miliarder: 63 miliarder

Total kekayaan bersih: US$294,9 miliar

Penduduk terkaya: Len Blavatnik (US$32,1 miliar)

London juga merupakan rumah bagi sejumlah miliarder dunia, seperti Charles Dunstone, pendiri perusahaan telekomunikasi Carphone Warehouse dan Denis Sverdlov, pendiri dan CEO Rusia dari startup kendaraan listrik Arrival. 

  1. Moskow

Jumlah miliarder: 61 miliarder

 Total kekayaan bersih: US$307,1 miliar

Penduduk terkaya: Vladimir Potanin (US$23,7 miliar)

Meski perang di Ukraina jauh dari selesai dan sanksi Barat terhadap banyak orang terkaya Rusia tetap berlaku, namun Moskow masih menjadi salah satu kota dengan miliarder terbanyak dunia. Bahkan, posisinya meningkat dari posisi ketujuh menjadi keenam pada tahun ini.

  1. Mumbai

Jumlah miliarder: 56 miliarder

Total kekayaan bersih: US$276,4 miliar

Penduduk terkaya: Mukesh Ambani (US$83,4 miliar)

Mumbai naik satu peringkat menjadi kota dengan jumlah miliarder terbanyak dunia tahun ini. Mukesh Ambani masih menjadi orang terkaya, dengan kekayaannya mencapai 30% dari total kekayaan kota. 

  1. Shenzhen

Jumlah miliarder: 54 miliarder

Total kekayaan bersih: US$246 miliar

Penduduk terkaya: Ma Huateng (US$35,3 miliar)

Merosot dari posisi keenam tahun lalu, Shenzhen mengalami kerugian bersih lima miliarder, termasuk taipan properti Huang Shih Tsai dan Ren Zhengfei, yang memimpin perusahaan perangkat keras telekomunikasi Huawei Technologies. Adapun Orang terkaya di kota ini masih ditempati oleh Ma Huateng, CEO raksasa internet Tencent.

  1. Singapura

Jumlah miliarder: 46 miliarder

Total kekayaan bersih: US$133,3 miliar

Penduduk terkaya: Goh Cheng Liang (US$14,3 miliar)

Singapura merupakan satu-satunya kota di Asia Tenggara yang masuk ke dalam daftar ini, setelah menyambut empat miliarder baru. Cho Cheng Liang , pemilik produsen cat terbesar keempat di dunia, berada di puncak orang terkaya Singapura.

  1. Delhi

Jumlah miliarder: 37 miliarder 

Total kekayaan bersih: US$116,4 miliar

Penduduk terkaya: Shiv Nadar (US$25,6 miliar)

Warga terkaya di Delhi adalah Shiv Nadar, pendiri penyedia layanan perangkat lunak terbesar di India, HCL Technologies.

  1. San Fransisco

Jumlah milairder: 37 miliarder

Total kekayaan bersih: US$114,2 miliar

Penduduk terkaya: Brian Chesky (US$9,3 miliar)

Sebagai rumah bagi Silicon Valley dan lanskap teknologi yang sangat kaya, San Francisco kehilangan tujuh miliarder tahun ini.  Pendiri Doordash Stanley Tang dan Tony keluar dari peringkat miliarder dunia karena saham aplikasi pengiriman makanan turun 36% selama setahun terakhir. Satu-satunya miliarder yang menjadi pendatang baru  adalah Sid Sijbrandij , pendiri GitLab. Sementara, penduduk terkaya masih menjadi salah satu pendiri Airbnb, Brian Chesky.

(Baca: Indonesia Masuk Daftar Negara dengan Miliarder Terbanyak Dunia pada 2023, Peringkat ke Berapa?)

Data Populer
Lihat Semua