Harga Relatif Murah dan Banyak Diskon, Alasan Utama Konsumen Indonesia Belanja Online di TikTok

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 15/03/2023 15:57 WIB
Alasan Konsumen Indonesia Belanja Online di TikTok Shop (Desember 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

TikTok Shop semakin marak digandrungi oleh konsumen online di Indonesia. Bahkan, fitur tersebut mulai menyaingi sejumlah platform e-commerce seperti Shopee hingga Tokopedia.

Lewat fitur social commerce milik TikTok ini, pengguna dan kreator dapat mempromosikan serta menjual produk melalui aplikasi video pendek tersebut.

Adapun survei digital dari Telkomsel, tSurvey.id, mengungkapkan sejumlah alasan konsumen di Indonesia memilih TikTok Shop untuk berbelanja ketimbang platform lainnya.  

Hasilnya, mayoritas karena produk yang dijual di TikTok Shop memiliki harga yang relatif lebih murah dan banyak diskon.

“Alasan responden memilih belanja di TikTok karena harganya relatif murah, sebanyak 76,75%,” demikian dikutip dari hasil survei tSurvei.id, Rabu (15/3/2023).

Terdapat promo dan voucer yang menarik di TikTok Shop menjadi alasan berikutnya konsumen memilih belanja online di fitur tersebut yakni sebanayk 65%. Kemudian, sebanyak 52% responden mengatakan bahwa penjalasan dari host yang menarik menjadi alasan mereka berbelanja di TikTok Shop.

Ada pula responden yang tertarik berbelanja di TikTok Shop karena fiturnya mudah digunakan (41,25%). Alasan lainnya karena iklan produk terus muncul di beranda (38%), host menjelaskan produk dengan menarik saat live (34%), percaya TikTok Shop aman (31,5%), dan meyakini penjual TikTok Shop terpercaya (28,75%).

Di sisi lain, daya tarik influencer sebagai host acara live di TikTok Shop untuk mendorong konsumen berbelanja hanya berkontribusi sedikit (24%).

Survei itu juga menunjukkan, produk fesyen merupakan barang yang kerap dibeli oleh para responden di TikTok Shop yaitu mencapai 75%. Sisanya berupa produk skincare/body care (59%), peralatan rumah tangga (57%), aksesoris gadget (43%), camilan (41%), gadget (33%), makanan beku (31%), dan produk lainnya (42%).

Survei ini dilakukan pada 16-19 Desember 2022 terhadap 400 responden melalui fitur audience profiler dari tSurvey.id.

(Baca: Makin Populer, Jumlah Pengguna Aktif Bulanan TikTok Tembus 1,6 Miliar pada Akhir 2022)

Data Populer
Lihat Semua