Jumlah Pengguna Internet Global Tembus 5,16 Miliar Orang pada Januari 2023

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 03/02/2023 21:10 WIB
Jumlah Pengguna Internet di Seluruh Dunia (Januari 1990-2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Laporan terbaru We Are Social dan Hootsuite menunjukkan, jumlah pengguna internet di seluruh dunia telah mencapai 5,16 miliar orang pada Januari 2023. Jumlah tersebut mencapai 64,4% dari populasi global yang totalnya 8,01 miliar orang.

Jumlah pengguna internet global pada Januari 2023 meningkat 1,9% dibanding periode sama tahun lalu (year-on-year/yoy), yang masih 5,01 miliar orang.

Menurut laporan tersebut, alasan utama orang menggunakan internet adalah untuk mencari informasi. “Hampir 6 dari 10 pengguna internet berusia kerja masih merujuk ke sumber daya online saat mencari informasi,” dikutip pada laporan bertajuk Digital 2023: Global Overview Report, Kamis (26/1/2023).

Alasan lainnya orang menggunakan internet karena ingin tetap berhubungan dengan teman dan keluarga. Selain itu, ada pula yang menggunakan internet untuk tetap up to date dengan berita dan peristiwa terkini, menonton video, hingga bermain game.

Menurut laporan tersebut, meskipun rata-rata waktu penggunaan internet melalui ponsel meningkat, komputer masih merupakan bagian penting dari pangsa waktu terhubung pengguna internet.

“Ponsel telah lama menjadi perangkat dominan untuk penggunaan internet di sebagian besar negara berkembang, tetapi PC, laptop, dan tablet masih menyumbang lebih dari separuh waktu terhubung orang di 18 dari 46 negara tempat data ini tersedia,” ujar We Are Social dan Hootsuite.

Tercatat, komputer masih mendominasi aktivitas online di Amerika Serikat dan Kanada, serta di sebagian besar negara-negara Eropa.

Adapun saat ini ada 4,76 miliar pengguna media sosial di seluruh dunia. Angka ini setara dengan kurang dari 60% dari total populasi global.

Meski demikian, menurut laporan tersebut, pertumbuhan pengguna media sosial telah melambat selama beberapa bulan terakhir, dengan penambahan tahun ini sebesar 137 juta pengguna baru atau setara dengan pertumbuhan tahunan (annual growth) sebesar 3%.

(Baca: Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022)

Data Populer
Lihat Semua