Inilah Produk yang Banyak Diekspor Indonesia ke Amerika Serikat

Perdagangan
1
Agus Dwi Darmawan 26/11/2022 14:47 WIB
Produk Utama yang Diekspor Indonesia ke Amerika Serikat pada 2020
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia membukukan ekspor dengan Amerika Serikat sebesar US$ 18,67 miliar data per Desember 2020. Nilai tersebut naik 4,44% dibandingkan ekspor tahun sebelumnya yang tercatat sebesar US$ 17,87 miliar.

Rekam jejak perdagangan Indonesia dengan Amerika Serikat, ekspor dalam 10 tahun terakhir dalam tren naik. Tahun 2020 merupakan catatan sejarah dengan rekor nilai ekspor tertinggi.

Dari total 97 produk (kode HS dua digit) yang diekspor ke Amerika Serikat, 0,08 ribu produk bernilai lebih dari satu miliar dolar. Selain itu menurut data Trademap, ke negara ini terdapat 0,03 ribu produk utama Indonesia yang diekspor setiap tahun. Artinya, ada ketergantungan cukup besar untuk produk-produk ekspor tersebut. Lainnya, sebagian besar produk merupakan ekspor produk yang juga banyak diekspor ke negara lain yang jumlahnya tercatat ada 0,07 ribu produk.

Berikut ini adalah daftar lima produk utama yang diekspor Indonesia ke Amerika Serikat. Urutan ini disusun mulai dari transaksi dengan nilai yang terbesar.

  1. Artikel -artikel aksesoris pakaian dan pakaian, rajutan atau rajutan
  2. Artikel -artikel aksesoris pakaian dan pakaian, rajutan atau rajutan dalam klasifikasi Trademap masuk kategori produk HS dengan kode 61. Ekspor produk ini ke Amerika Serikat berada di urutan pertama. Indonesia mengekspor US$ 1,89 miliar. Nilai ekspor Artikel -artikel aksesoris pakaian dan pakaian, rajutan atau rajutan ini lebih rendah dibandingkan periode sebelumnya yang mampu menembus US$ 2,18 miliar.

  3. Mesin dan peralatan listrik dan bagian -bagiannya
  4. Di urutan kedua, ekspor Indonesia paling banyak adalah produk Mesin dan peralatan listrik dan bagian -bagiannya. Nilai ekspor dari Amerika Serikat pada 2020 tercatat US$ 1,81 miliar. Angka ini naik dibandingkan periode sebelumnya yang tercatat US$ 1,11 miliar.

  5. Artikel -artikel aksesoris pakaian dan pakaian, tidak dirajut atau dirajut
  6. Selain itu , Indonesia juga tercatat banyak mengekspor Artikel -artikel aksesoris pakaian dan pakaian, tidak dirajut atau dirajut ke Amerika Serikat. Nilai ekspor produk ini pada 2020 sebanyak US$ 1,72 miliar. Jumlah ini lebih rendah dibandingkan periode sebelumnya yang mampu menembus US$ 2,23 miliar. Selain Amerika Serikat, Indonesia juga mengandalkan ekspor Artikel -artikel aksesoris pakaian dan pakaian, tidak dirajut atau dirajut ke Jepang, Jerman, Korea, Republik dan Cina. Selain negara utama tersebut, Indonesia tercatat mengekspor produk ini ke 146 negara lainnya.

  7. Karet dan artikelnya
  8. Karet dan artikelnya dalam kategori produk dengan kode HS 40. Indonesia mengekspor sebanyak US$ 1,49 miliar, lebih rendah dibandingkan periode sebelumnya yang mampu menembus US$ 1,58 miliar. Ekspor Karet dan artikelnya yang terbesar saat ini masih dengan tujuan ke Amerika Serikat. Selain negara ini, lima negara terbesar yang menjadi sumber ekspor Karet dan artikelnya Indonesia adalah Jepang, Cina, India dan Korea, Republik.

  9. Alas kaki, pelindung kaki dan sejenisnya
  10. Selain itu Masuk dalam kode HS 64, Alas kaki, pelindung kaki dan sejenisnya merupakan kelompok produk barang ekspor yang dikategorikan bersama dengan dan bagian dari artikel seperti itu. Dari negara ini, Indonesia mengekspor senilai US$ 1,38 miliar. Ekspor Alas kaki, pelindung kaki dan sejenisnya yang terbesar saat ini masih dengan tujuan ke Amerika Serikat. Selain negara ini, lima negara terbesar yang menjadi sumber ekspor Alas kaki, pelindung kaki dan sejenisnya Indonesia adalah Cina, Belgium, Jerman dan Jepang.

Data Populer
Lihat Semua