Inilah Produk yang Banyak Diimpor Indonesia dari Zambia

Perdagangan
1
Agus Dwi Darmawan 24/11/2022 16:46 WIB
Produk Utama yang Diimpor Indonesia dari Zambia pada 2021
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia membukukan impor dengan Zambia US$ 6,85 juta data per Desember 2021. Nilai tersebut naik 71,44% dibandingkan impor tahun sebelumnya yang tercatat US$ 4 juta.

Rekam jejak perdagangan Indonesia dengan Zambia, impor dalam 10 tahun terakhir telah banyak berkurang. Terendah impor Indonesia adalah US$ 2,37 juta dan untuk impor tertinggi di angka US$ 16,59 juta.

Dari total 97 produk (kode HS dua digit) yang diimpor dari Zambia, 0,04 ribu produk bernilai lebih dari satu miliar dolar. Kebanyakan produk impor dari tempat ini, merupakan impor produk yang juga banyak diimpor dari negara lain yang jumlahnya tercatat ada enam produk.

Berikut ini adalah daftar lima produk utama yang diimpor Indonesia dari Zambia. Urutan ini disusun mulai dari transaksi dengan nilai yang terbesar.

  1. Tembakau dan pengganti tembakau yang diproduksi
  2. Di urutan pertama, Indonesia banyak mengimpor Tembakau dan pengganti tembakau yang diproduksi. Dalam klasifikasi tradmap, Tembakau dan pengganti tembakau yang diproduksi masuk kategori produk HS dengan kode 24.

    Pada 2021, Indonesia tercatat mengimpor US$ 3.403 ribu. Nilai impor Tembakau dan pengganti tembakau yang diproduksi ini naik dibandingkan periode sebelumnya yang tercatat US$ 2.050 ribu.

  3. Kapas
  4. Kapas dengan kode HS 52. Dari negara ini, Indonesia mengimpor US$ 2.469 ribu.

  5. Garam
  6. Selain itu Masuk dalam kode HS 25, Garam merupakan kelompok produk barang impor yang dikategorikan bersama dengan sulfur, Bumi dan Batu dan Bahan plesteran, jeruk nipis dan semen. Indonesia mengimpor sebanyak US$ 877 ribu, naik dibandingkan periode sebelumnya yang tercatat US$ 53 ribu. Impor Garam dari Zambia tercatat berada di urutan 37. Selain negara tersebut, impor terbesar Garam berasal dari Cina, Yordania, India, Maroko dan Thailand. Indonesia juga tercatat mengimpor produk ini dari 62 negara. .

  7. Hewan hidup
  8. Indonesia tercatat mengimpor produk ini dari 75 negara. Impor Hewan hidup dari negara ini berada di urutan 18. Pada 2021, Indonesia tercatat melakukan impor senilai US$ 101 ribu. Selain negara tersebut, impor terbesar Hewan hidup berasal dari Amerika Serikat, Perancis, Selandia Baru, Spanyol dan Belanda.

  9. Mesin, peralatan mekanis, reaktor nuklir, boiler
  10. Impor Mesin, peralatan mekanis, reaktor nuklir, boiler dari negara ini berada di urutan 138. Pada 2021, Indonesia tercatat melakukan impor US$ 3 ribu. Negara lain yang masuk lima besar suplier produk impor ini ke Indonesia adalah Cina, Jepang, Thailand, Korea, Republik dan Amerika Serikat.

Data Populer
Lihat Semua