Halloween Itaewon hingga Kanjuruhan, Ini Bencana Kerumunan Terbesar Dunia dalam 1 Dekade Terakhir

Media
1
Annissa Mutia 31/10/2022 15:40 WIB
Bencana Kerumuman Terbesar Dunia dalam 1 Dekade Terakhir
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Suasana perayaan Halloween di distrik Itaewon, Seoul, Korea Selatan, menjadi mencekam dengan setidaknya 154 merengang nyawa pada Sabtu (29/10) malam. Ini terjadi ketika jumlah kerumunan orang yang datang melonjak ke gang sempit di wilayah tersebut hingga menewaskan dan melukai ratusan orang.

Pesta Halloween di Itaewon menjadi horor setelah jumlah pengunjung yang kebanyakan kaum muda dari penjuru Korea Selatan, bahkan mancanegara, melebihi kapasitas gang yang sempit menuju tempat perayaan. Akibatnya, mereka berkerumun dan berdesak-desakan hingga akhirnya terinjak-injak. Pihak berwenang mengatakan mayoritas korban adalah wanita muda berusia 20-an.

Kedutaan Besar RI di Seoul mengabarkan terdapat dua WNI yang menjadi korban dari tragedi Halloween di Itaewon, Korea Selatan Sabtu (29/10) malam. Kabar ini sekaligus mengoreksi pernyataan sebelumnya yang menyebut tidak ada WNI yang menjadi korban.

“WNI berinisial AR telah dirawat di Korea University Anam Hospital akibat kejadian di Itaewon semalam (29/10),” ujar KBRI Seoul dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (30/10) seperti dikutip dari Katadata.co.id.

Tragedi mematikan saat perayaan Halloween di distrik Itaewon menambah daftar bencana kerumunan terbesar di dunia. Sebelumnya pada 1 Oktober 2022, tragedi Stadion Kanjuruhan Malang pascapertandingan Arema FC vs Persebaya menyebabkan 133 korban meninggal dunia. 

Berikut ini tragedi kerumuman sepanjang 1 dekade terakhir:

  • 27 Januari 2013 — Kebakaran menewaskan lebih dari 200 orang di klub malam Kiss di Santa Maria, Brasil.
  • 24 September 2015 — Sedikitnya 2.411 jemaah haji tewas terlindas saat pelaksanaan haji di Arab Saudi.
  • 30 April 2021 — Empat puluh lima orang tewas dan puluhan lainnya terluka dalam serangan panik pada ziarah tahunan Gunung Meron di Israel.
  • 5 November 2021 — Para penggemar di festival musik Houston naik ke panggung saat penampilan rapper Travis Scott, memicu kepanikan yang menyebabkan 10 orang tewas dan banyak lagi yang terluka.
  • 1 Oktober 2022 — Polisi menembakkan gas air mata saat kerusuhan pecah setelah pertandingan sepak bola di Stadion Kanjuruhan, Indonesia yang menyebabkan jalan keluar yang menyebabkan 133 orang tewas dan lebih dari 100 lainnya terluka.
  • 29 Oktober 2022 — Sedikitnya 154 tewas dan ratusan lainnya terluka setelah berdesakan di gang sempit di distrik Itaewon, Korea Selatan pada perayaan Halloween.  

(baca: Perayaan Halloween Berujung Bencana di Itaewon, 154 Orang Meninggal)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua