10 Startup Retail Tech dengan Pendanaan Seri A Terbesar Global, 2 dari Indonesia

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Annissa Mutia 31/10/2022 17:40 WIB
Pendanaan Retail Tech Seri A Terbesar Global Kuartal III 2022
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Dua perusahaan rintisan atau startup asal Indonesia masuk daftar retail tech dengan pendanaan seri A terbesar secara global. Menurut laporan State of Retail Tech kuartal III 2022, CB Insight, dua startup itu adalah AgriAku dan Gokomodo.

Perusahaan agritech AgriAku ini menempati urutan ketiga terbesar dengan memperoleh pendanaan senilai US$35 juta atau setara 520 miliar rupiah dalam pendanaan Seri A yang dipimpin oleh Alpha JWC Ventures.

Sementara, perusahaan supply chain Gokomodo memperoleh pendanaan total US$26 miliar dari sejumlah investor, meliputi East Ventures, Eight Capital, dan Indogen Capital.

Perusahaan truk cerdas dengan energi terbaru, DeepWay, mendapatkan seri A terbesar di kuartal III 2022 ini. Dana yang dihimpun perusahaan asal Cina itu mencapai US$67 juta. Posisi kedua ditempati startup asal Singapura, graas, dengan total pendanaan sebesar US$40 juta. 

Laporan ini menunjukkan, pendanaan untuk startup retail tech menurun 33% secara global pada kuartal III 2022 menjadi US$8,5 miliar, dari kuartal sebelumnya yang sebesar US$12,7 miliar. Penurunan ini merupakan yang terdalam dalam 5 tahun terakhir. 

Hingga kuartal III 2022, total pendanaan startup retail tech sebesar US$44.8 miliar (year to date/ytd).  CB Insight memperkirakan pendanaan startup retail tech global bakal anjlok 45% pada 2022 menjadi US$59.7 miliar. 

Pada 2021, total pendanaan untuk retail tech global mencapai US$108.4 miliar, rekor terbesar dalam 5 tahun terakhir. Sebelumnya saat pandemi Covid-19 pada 2020, total pendanaan retail tech global sebesar US$46.7 miliar.

(baca: 10 E-Commerce dengan Pendanaan Terbesar Global, Satu Bermarkas di RI)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.