Survei: Warga Paling Percaya dengan Influencer di Media Sosial Sebelum Berinvestasi

Keuangan
1
Cindy Mutia Annur 21/09/2022 14:10 WIB
Tingkat Kepercayaan Warga Terhadap Berbagai Sumber Sebelum Memutuskan Investasi (2022)*
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Influencer keuangan di media sosial merupakan sumber informasi yang paling dipercaya dalam membuat pertimbangan investasi. Hal ini berdasarkan hasil survei Center Economics and Law Studies (CELIOS) dan Pluang, dengan skor 7,07 poin dari 10 poin.

Selanjutnya, rekomendasi dari konsultasn keuangan menempati urutan kedua sebagai sumber informasi yang dipercaya dalam membuat pertimbangan investasi. Skornya sebesar 6,95 poin.

Berikutnya, rekomendasi dari kolega menempati urutan ketiga dengan skor 6,8 poin sebagai sumber informasi yang dipercaya dalam membuat pertimbangan investasi. Lalu, rekomendasi dari podcast dan media massa masing-masing sebesar 6,7 poin dan 6,48 poin.

Ada pula responden yang memercayai referensi keluarga sebagai sumber dalam membuat pertimbangan investasi dengan skor 6,46 poin. Diikuti dengan forum diskusi dengan skor 6,22 poin.

Sementara, rekomendasi dari YouTube menempati urutan terakhir sebagai sumber informasi yang dipercaya dalam membuat pertimbangan investasi. Skornya hanya 6,07 poin.

Adapun survei ini dilakukan terhadap 3.530 responden yang dipilih secara acak pada 20-28 Juni 2022. Mayoritas responden berasal dari Jawa dan Bali serta kelompok umur 24-35 tahun dengan jenis pekerjaan utama adalah karyawan swasta.

(Baca: Bagaimana Memilih Aplikasi Investasi yang Bagus? Ini Jawaban Warga)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.