Survei: Banyak Anak Muda Semakin Peduli Terhadap Lingkungan

Demografi
1
Cindy Mutia Annur 16/09/2022 11:20 WIB
Ragam Bentuk Kepedulian Konsumen Muda pada Lingkungan (2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Tingginya konsumsi masyarakat menimbulkan masalah sampah yang dapat mencemari lingkungan. Meski demikian, hasil survei Jajak Pendapat (JakPat) menunjukkan bahwa mayoritas konsumen muda kini semakin peduli pada lingkungan, khususnya di kalangan milenial dan gen Z.

Mayoritas responden mengatakan bahwa kini mereka berbelanja dengan tas belanja sendiri. Persentasenya mencapai 69,8%. Berikutnya, sebanyak 56,2% responden membeli produk ramah lingkungan. Lalu, sebanyak 46,4% responden mengumpulkan kemasan produk kosong ke tempat daur ulang.

Ada pula responden yang memilih produk berbahan alami dan organik saat berbelanja yakni sebanyak 45,2%. Diikuti oleh responden yang  membeli produk dengan kemasan isi ulang (42,1%) dan memilih merek yang peduli pada lingkungan sosial (36,2%).

Sementara, ada 32,5% responden yang mendaur ulang pakaian lama dengan nilai tambah alias upcycling.

Adapun survei ini dilakukan terhadap 2.303 responden yang merupakan milenial dan gen Z. Survei dilakukan pada 3 September 2022 melalui aplikasi JakPat.

Sebagai informasi, jenis pertanyaan pada survei ini merupakan pilihan ganda atau multiple answers sehingga responden bisa memilih lebih dari satu jawaban.

(Baca: 10 Negara Paling Tidak Ramah Lingkungan Tahun 2022)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.