Survei: Warga Indonesia Paling Banyak Gunakan BBM Jenis Pertalite

Energi
1
Cindy Mutia Annur 12/09/2022 15:40 WIB
Frekuensi Penggunaan BBM Berdasarkan Jenisnya di Indonesia (Agustus 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan, mayoritas masyarakat Indonesia paling  banyak menggunakan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite. Persentasenya mencapai 90,4%.

“Selain paling besar penggunanya, Pertalite juga paling sering digunakan sehari-hari,” demikian dikutip dari laporan survei tersebut.

Rinciannya, ada 54% responden yang menggunakan Pertalite sebanyak 2-3 kali seminggu. Sebanyak 21,7% responden menggunakan Pertalite seminggu sekali.

Berikutnya, sebanyak 4,6% responden yang menggunakan Pertalite 2-3 kali selama sebulan. Sebanyak 5% responden menggunakan Pertalite sekali dalam sebulan. Sedangkan, 9,6% responden tidak menggunakan Pertalite dan 5,1% tidak tahu/tidak jawab.

Selain Pertalite, masyarakat Indonesia juga banyak yang menggunakan Pertamax. Persentase responden yang menggunakan BBM jenis RON 92 tercatat sebanyak 65,5%.

Ada pula masyarakat Indonesia yang menggunakan Bio Solar sebanyak 21,7%. Diikuti pengguna Pertamax Turbo sebanyak 21,4% dan Pertamina Dex 17,5%.

Adapun survei ini dilakukan melalui wawancara telepon pada 25-31 Agustus 2022 terhadap 1.219 responden di seluruh Indonesia berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD) melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei diperkirakan kurang lebih 2.9% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling.

(Baca:  Daftar Negara dengan Harga BBM Termahal di Dunia, Ada Indonesia?)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua