Ini Sederet Masalah Utama Indonesia Menurut Generasi Muda

Politik
1
Vika Azkiya Dihni 12/08/2022 12:30 WIB
10 Permasalahan utama Indonesia Menurut Generasi Muda (2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Korupsi menjadi permasalahan utama Indonesia menurut generasi muda. Temuan ini berdasarkan hasil survei dari Good News from Indonesia (GNFI) bersama Lembaga survei Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI).

Menurut survei tersebut, sebanyak 19,8% responden menyatakan bahwa korupsi menjadi masalah utama yang harus diselesaikan di Indonesia.

Tingginya praktik korupsi di Indonesia juga membuat generasi muda pesimis pada sektor politik dan hukum dibandingkan sektor lainnya, menurut survei tersebut.

Selain persoalan korupsi, sebanyak 14,1% responden menyatakan harga kebutuhan pokok yang naik, dan 11,6% responden menyatakan krisis ekonomi yang stabil menjadi permasalahan utama Indonesia.

Permasalaha utama Indonesia lainnya menurut generasi muda adalah pengangguran, kebijakan pemerintah tidak pro rakyat, penegakkan hukum yang tidak adil, hingga kemiskinan.

Survei ini diselenggarakan pada 7-22 Juli 2022 dengan menggunakan metode telesurvei kepada 906 responden Gen Z (17-24 tahun) dan Gen Y (25-40 tahun) yang tersebar di 11 kota besar di Indonesia dengan response rate sebesar 17,67%.

(Baca Juga: Gen Z Lebih Banyak Merasa Cemas Dibanding Milenial dan Gen X)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.