Inilah Alasan Konsumen Belum Gunakan Paylater untuk Transaksi Online

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 07/07/2022 14:00 WIB
Alasan Konsumen Belum Gunakan Paylater untuk Transaksi Online (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Kredivo dan Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan bahwa sekitar 60% konsumen belum menggunakan metode pembayaran paylater dalam melakukan transaksi online selama setahun terakhir.

Alasan utama konsumen belum menggunakan paylater karena tidak mau menambah utang. Persentasenya mencapai 43%.

Kemudian, sebanyak 35% mengatakan bahwa responden takut boros. Ada pula 30% responden yang mengatakan takut dengan denda jika telat membayar.

Lalu, ada yang lebih memilih pembayaran biasa untuk transaksi online yakni sebanyak 23%. Alasan lainnya karena tidak tertarik (19%), kurang paham menggunakan paylater (18%), bunga cicilan besar (16%), dan adanya biaya administrasi (12%).

Ada pula yang mengatakan bahwa belum ingin menggunakan paylater karena khawatir pengaturan keuangan bakal terganggu (11%), keamanan data pribadi tak terjamin (9%), keyakinan agama (8%), khawatir penunggakan dapat menganggu skor kredit/BI checking (8%), dan alasan lainnya (2%).

Maka dari itu, KIC dan Kredivo mengimbau agar para pemain paylater untuk memperbanyak edukasi terhadap konsumen agar mereka lebih memahami fitur payLater sebagai pilihan metode pembayaran digital. Misalnya, terkait ada atau tidaknya biaya tahunan dan panjang tenor termasuk aspek-aspek penting di dalamnya.

Meski demikian, survei itu juga menemukan bahwa di antara konsumen yang belum menggunakan paylater, sekitar 70% di antaranya berencana menggunakannya dalam waktu mendatang. Sebanyak 16% konsumen akan menggunakannya dalam waktu dekat dan 22% konsumen lainnya berencana menggunakan metode payLater saat ada kebutuhan mendesak.

Adapun survei bertajuk “Perilaku Konsumen E-commerce Indonesia” itu memanfaatkan data primer dengan 16 juta sampel transaksi pembayaran yang berasal dari 1,5 juta sampel pengguna Kredivo di lima e-commerce terbesar di Indonesia pada 2021.

(Baca: KIC: E-Wallet Paling Sering Digunakan untuk Transaksi E-Commerce)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua