Reuters Institute baru saja merilis laporan Digital News Report 2022 tentang lanskap media massa pada Rabu (15/6/2022). Indonesia juga termasuk dalam laporan tersebut.
Laporan itu menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia mayoritas mengkonsumsi media daring sebagai sumber berita dengan persentase 88%.
Detikcom menjadi media daring dengan konsumsi terbesar. Sebanyak 65% responden mengaku membaca Detikcom setidaknya sekali dalam seminggu. Persentase ini jauh mengungguli Kompas online yang sebesar 48%.
Posisi ketiga ditempati CNN Indonesia dengan persentase 35%. Sebagai informasi, Detikcom dan CNN sama-sama dimiliki oleh CT Corp.
Selanjutnya, ada Tribunnews dengan 32% dan TVOne news online dengan 30%. MetroTV News online berada di peringkat 6 dengan 28%.
Meski Detikcom menjadi yang paling banyak dikonsumsi, CNN menjadi brand berita dengan kepercayaan terbesar yaitu 66%. Kompas berada di peringkat kedua dengan 65%.
(Baca: Warga RI Lebih Banyak Konsumsi Berita Teks Dibanding Video)