MIT, Kampus dengan Jurusan Kimia Terbaik di Dunia Versi QS WUR 2022

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Vika Azkiya Dihni 23/04/2022 13:00 WIB
10 Kampus dengan Jurusan Kimia Terbaik di Dunia (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kimia memainkan peran kunci. Tak heran, program studi kimia terus diminati para calon mahasiswa.

Bagi calon mahasiswa yang berminat kuliah di luar negeri dengan jurusan ini, maka perlu memilih universitas dengan jurusan kimia terbaik di dunia.

Menurut penilaian QS World University Ranking (QS WUR) by Subject 2022, Massachusetts Institute of Technology (MIT) merupakan kampus dengan jurusan kimia terbaik di dunia dengan skor 97,2 dari 100.

Program sarjana kimia di MIT tercatat menghasilkan banyak alumni terkemuka yang tercatat dalam sejarah, seperti James Mason Crafts, seorang ahli kimia Amerika, yang terkenal karena mengembangkan reaksi alkilasi dan asilasi Friedel-Crafts dengan Charles Friedel pada tahun 1876.

Tak hanya terbaik berdasarkan jurusan Kimia, MIT bahkan menjadi kampus terbaik nomor 1 di dunia berdasarkan penilaian QS WUR 2022.

Selain MIT, universitas dengan jurusan kimia terbaik di dunia di urutan kedua adalah Harvard University. Kampus yang terletak di Kota Cambridge, Amerika Serikat tersebut memperoleh skor 96,5.

Posisi berikutnya ditempati Stanford University yang memperoleh skor 95,5. Diikuti University of Cambridge dan University of California, Berkeley (UCB) dengan skor masing-masing 94,7 dan 94.

Adapun, pemeringkatan yang dilakukan QS WUR ini mencakup empat indikator yang digunakan, antara lain academic reputationemployer reputationresearch citations per paper, dan H-index citations.

Berikut daftar lengkap 10 kampus dengan jurusan kimia terbaik di dunia:

  1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)
  2. Harvard University 
  3. Stanford University
  4. University of Cambridge
  5. University of California, Berkeley (UCB)
  6. University of Oxford
  7. Nanyang Technological University
  8. National University of Singapore (NUS)
  9. EPFL
  10. California Institute of Technology

(Baca Juga: Ini 8 Universitas Top Dunia yang Paling Sulit Ditembus)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua