Populasi Mobil Berbaterai Listrik Diperkirakan Tembus 68% pada 2040

Transportasi & Logistik
1
Reza Pahlevi 21/04/2022 19:10 WIB
Populasi Mobil Listrik Berbasis Baterai, Hidrogen, dan Hibrida vs Mobil Berbahan Bakar Minyak (2021-2040)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Transisi dari mobil berbahan bakar minyak ke tenaga listrik terus berjalan. Data BloombergNEF menunjukkan populasi mobil listrik berbasis baterai dapat mencapai 65,99 juta unit atau 68% dari total populasi mobil pada 2040.

Pada 2021, populasi mobil listrik berbasis baterai tercatat sebesar 3,33 juta unit. Jumlah ini hanya 4,3% dari total unit mobil di dunia.

Mobil berbahan bakar minyak masih mendominasi dengan total 68,04 juta unit pada 2021. Pada 2040, jumlah unit ini diperkirakan susut hanya menjadi 15,77 juta unit.

Susutnya jumlah kendaraan berbahan bakar minyak ini dapat disebabkan oleh beberapa hal. Di antaranya adalah bahan baku baterai yang lebih murah dan regulasi yang membebani konsumsi bahan bakar fosil.

Institute for Development of Economics and Finance (Indef) menghitungkan biaya kepemilikan mobil listrik masih lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil berbahan bakar minyak. Ini karena belum banyak insentif kepemilikan mobil listrik dan belum ada disintentif untuk mobil berbahan bakar minyak.

(Baca: Litbang Kompas: Kendaraan Listrik Diminati, Tapi Adopsinya Dinilai Belum Mendesak)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.