Berapa Lama Muslim Puasa Ramadan di Seluruh Dunia?

Demografi
1
Cindy Mutia Annur 04/04/2022 18:00 WIB
Durasi Puasa Harian Saat Ramadan di Sejumlah Kota Dunia (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Umat muslim di seluruh dunia saat ini tengah melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan. Namun, tahukah Anda bahwa durasi puasa di tiap kota dari berbagai belahan dunia berbeda?

Perbedaan durasi puasa terjadi karena adanya perbedaan letak geografis yang mempengaruhi kedudukan matahari. Alhasil, masyarakat di daerah di belahan bumi utara memiliki durasi puasa lebih panjang dibandingkan yang tinggal daerah di wilayah tropis atau dekat dengan garis khatulistiwa.

Hal ini senada dengan hasil laporan Statista yang menunjukkan bahwa daerah yang berada di belahan bumi utara memiliki durasi puasa terlama dibandingkan kota-kota lainnya. Oslo, misalnya, memiliki durasi puasa selama 17 jam 33 menit per hari.

Berikutnya, London, memiliki durasi puasa selama 16 jam 7 menit per hari. Diikuti oleh Istanbul dengan durasi puasa selama 15 jam 1 menit per hari.

Kemudian, New York memiliki durasi puasa selama 14 jam 40 menit per hari. Kota Mekkah tercatat memiliki durasi puasa 13 jam 59 menit per hari.

Sementara itu, Indonesia memiliki durasi puasa selama 13 jam 16 menit per hari. Lalu, Melbourne  memiliki durasi puasa selama 112 jam 32 menit per hari.

(Baca: 5 Kota dengan Durasi Puasa Tersingkat di Dunia)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua