TikTok Masuk Daftar Merek dengan Pertumbuhan Tercepat di Dunia

Teknologi & Telekomunikasi
1
Vika Azkiya Dihni 31/03/2022 15:50 WIB
5 Merek dengan Pertumbuhan Tercepat di Dunia (2021-2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Lembaga riset independen internasional, Brand Directory, merilis daftar merek paling bernilai di dunia dalam laporannya yang berjudul Brand Finance Global 500 tahun 2022. TikTok masuk dalam daftar merek yang pertumbuhan valuasinya tertinggi. 

Pemeringkatan dihitung berdasarkan nominal brand value atau nilai merek dari masing-masing perusahaan. Dalam dunia bisnis, brand value menjadi salah satu indikator paling penting bagi perusahaan terutama dalam menjangkau konsumen.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa Apple berhasil menduduki puncak merek paling bernilai di dunia untuk tahun 2022. Sementara itu, TikTok menempati urutan ke-18, tetapi menjadi merek dengan pertumbuhan tercepat di dunia. 

Nilai merek dari aplikasi video pendek tersebut telah meningkat dari US$18,7 miliar pada tahun 2021 menjadi US$59 miliar tahun ini. Artinya, pertumbuhannya sekitar 215% secara tahunan.

Brand Directory menilai, dengan adanya pembatasan akibat Covid-19 yang masih berlaku di seluruh dunia sepanjang tahun 2021, hiburan digital, media sosial, dan layanan streaming terus tumbuh, dan kebangkitan TikTok adalah bukti bagaimana konsumsi media berubah.

Dengan penawaran konten yang mudah dicerna dan menghibur, popularitas TikTok semakin menyebar ke seluruh dunia. Selain itu, TikTok juga menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di Google Play Store dan App Store.

Sementara itu, merek dengan pertumbuhan tercepat di bawah TikTok adalah Snapchat dan Kakao Corp. Nilai merek dari dua aplikasi perpesanan tersebut telah tumbuh masing-maisng 184% dan 161% secara tahunan.

(Baca Juga: Tak Bisa Lagi Unggah Video, Pengguna TikTok Rusia Terbanyak Ke-4 di Dunia)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.